Kualitas layanan health club terhadap kepuasan tamu di JW Marriott hotel Surabaya

Authors

  • Silvi Dwi Arianti Program Studi D-III Perhotelan
  • Muhammad Danang Setioko Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
  • Asrofi Asrofi Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
  • Ani Puspawigati Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/jt.v5i1.13504

Keywords:

hotel, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini membahas kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan tentang kualitas layanan terhadap kepuasan tamu, (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, menggunakan teknik simple random sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disampaikan kepada tamu yang berkunjung ke Health Club JW Marriott Hotel Surabaya, sebagai responden sebanyak 243 tamu. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, emphaty, reliable, responsiveness, assurance berpengaruh ditunjukkan pada tangible berupa area health club memiliki dekorasi perpaduan antara suasana kota dan alam mampu mempengaruhi kepuasan tamu JW Marriott Hotel Surabaya yang ditunjukkan dengan minat berkunjung kembali jika ke Surabaya akan menikmati health club di JW Marriott Hotel Surabaya dan JW Marriott Hotel Surabaya pilihan pertama untuk menikmati fasilitas health club berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu JW Marriott Hotel Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, M. M. U., & Angela, N. (2020, December). Pengaruh Harga, Lokasi, Pelayanan, dan Suasana terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop di Kota Malang. In Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) 2020.

Baetie, Destiana. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Niagara Parapat Sumatera Utara”

Bates dan Hoffman (1999), Managing Services Marketing: Text and Readings. Orlando: The Dryden Press Harcourt Brace Collage Publisher Crosby (1979) Quality is Free The Art of Making Quality Certai, New York : New American Library

Kasmir (2017) Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta Lawson, Fred. 1995. “Hotel and Resort Planning Design Terbitan Architectural Press”

Nadhifa, Dhia. 2020. “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan hotel syariah di Yogyakarta”

Nanang Martono, 2015 Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada Noor,

Fathira Virdha. 2020. “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT herba penawar alwahida Indonesia” Parasuraman,

Valerie A Zeithami dan Berry (2011)a Conceptual Model Of Service Quality and its implication for future research. Journal Of Marketing. Volume 49, No 30, halaman 35 -39

Samsidar. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dalam penggunaan jasa Hotel Denpasar Makassar” Destiana. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Niagara Parapat Sumatera Utara”

Singarimbun, (1989). Metode Penelitian Survei. Jakarta. LP3ES Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatid dan R&D. Bandung : PT Alfabeta

Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatid dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Suharsimi Arikunto, 2013. Prosedur peneitian: suatu pendekatan Praktik. Jakarta : Rieneka Cipta

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali Wulandari. 2019. “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa penginapan singkarak sumpur hotel”

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Arianti, S. D., Setioko, M. D., Asrofi, A., & Puspawigati, A. (2025). Kualitas layanan health club terhadap kepuasan tamu di JW Marriott hotel Surabaya. Jurnal Pariwisata Tourista, 5(1), 32–35. https://doi.org/10.26905/jt.v5i1.13504

Issue

Section

Articles