Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Destinasi Wisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung

Sephia Lintang Pangayomaningrum, Widji Astuti, Rulli Krisnanda

Abstract


Jawa Timur memiliki banyak tempat tujuan wisata yang memiliki potensi besar salah satunya wisata pantai. Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Kabupten Tulungagung ialah Wisata Pantai Gemah. Penelitian ini menguji pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Destinasi Wisata Pantai Gemah terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan. Populasi penelitian adalah wisatawan yang telah berkunjung ke Wisata Pantai Gemah Tulungagung dengan sampel sejumlah 100 responden. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel attraction dan ancillary berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berkunjung wisatawan, sedangkan accessibility dan amenity berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berkunjung wisatawan. Keempat variabel bebas memiliki pengaruh simultan terhadap minat berkunjung wisatawan, dan pada pengujian hipotesis diketahui bahwa attraction merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan ke wisata pantai gemah Tulungagung. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ketika wisatawan berminat untuk mengunjungi wisata gemah Tulungagung yang paling diinginkan adalah melihat dan menikmati atraksi wisata yang ada di wisata pantai tersebut.


Keywords


Attraction; Accessibility; Amenity; Ancillary; Minat Berkunjung Wisatawan;

Full Text:

PDF

References


Alfitriani; Putri, W. A. U. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. 1(2).

Alvianna, S., & Alviandra, R. (2020). Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang. December.

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020a). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan. https://doi.org/10.34013/jk.v4i1.41

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020b). Pengaruh Attraction , Accessibillity , Amenity , Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. 4, 53–59. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.41

Anibal MJ N’dami, C. ;, Syarif, H. ;, Stella, A. ;, Muhammad Danang, S. ;, & Rulli, K. (2021). Prespective of Tourism Development in Bijagos Island ( Guinea-Bissau ) As Well As Community Economic Growth. 9(1), 3766–3773.

Annisa, R., & ;Alvianna, S. (2017). Peran Biro Perjalanan Wisata Sunrise Holiday Tour & Travel Dalam Meningkatkan Minat Wisata Ke Gunung Bromo. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.26905/jpp.v2i2.1450

Asmoro, A. Y., Bachri, T. B., & Detmuliati, A. (2020). Analisis Potensi Wisata Desa Dengan Kerangka 6A Studi Kasus Desa Ngajum, Malang. Media Wisata, 18(2), 231–250. https://doi.org/10.36275/mws

Aso, Maria Trisana; Hidayatullah, Syarif; Alvianna, S. (2021). Destinasi Wisata Dan Harga Pengaruhnya Pada Minat Berkunjung. Seminar Nasional Kepariwisataan, 2(1), 152–161.

Hair. (2010). Multivariate Data Analysis. Seventh Edition. Prentice Hall. In Exploratory Data Analysis in Business and Economics. https://doi.org/10.1007/978-3-319-01517-0_3

Hidayatullah, S., Khouroh, U., & Windhyastiti, I. (2018). Development of Tourist Village Model Through “Pokdarwis” Empowerment and Information Technology Utilization. European Journal of Business and Management, 10(January), 22–28. https://doi.org/10.7176/ejbm-10-23-12

Hidayatullah, S., Patalo, R. G., Firdianjah, A., Waris, A., Malang, U., & Malang, P. (2019). Pengaruh sistem informasi pemasaran, kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap keunggulan bersaing jatim park group. Senasif.

Ningtiyas, E. A. et al. (2021). ANALISIS PENGARUH ATTRACTION, ACCESSIBILITY, AMENITY, ANCILLARY TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN MELALUI LOYALITAS WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://amptajurnal.ac.id/index.php/MWS/article/view/379

Priambudi, R. R., Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik Yang Berkunjung Di Batu Love Garden Kota Batu Jawa Timur. 1(1), 26–35.

Saway, W. V., Alvianna, S., Estikowati, Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari terhadap Kepuasaan Wisatawan Berkunjung. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 6(1), 1–8.

Setyanto, I., & Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) Terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Administrasi Bisnis.

Syarif Hidayatullah, Setiyorini, Irany Windhyastiti, I. K. R. (2020). Peran Aksesibilitas , Konektifitas , Kualitas Layanan Tehadap Loyalitas Pengguna Angkutan Umum Melalui Kepuasan Penumpang Sebagai Variabel Mediator. Seminar Nasionaol Sistem Informasi (SENASIF-4).

Wanda, I. B. K., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Pengembangan Komponen Destinasi Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Wibowo, R., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Setioko, D. (2021). Analysis of the Influence of Tourist Destinations and Service Quality on Tourist Satisfaction Visiting the Jawa Timur Park in the New Normal Era. 6(1), 295–300.




DOI: https://doi.org/10.26905/jt.v4i1.13742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

Tools:

Supported by:

 

Jurnal Pariwisata Tourista
Program Diploma Kepariwisataan
Universitas Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Jl. Bandung No. 1, Kota Malang, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Phone: 085725050049
Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.