Pengaruh variasi menu buffet breakfast terhadap kepuasan tamu di hotel Ijen Suites Malang

Authors

  • Zevanya Naftali Gogani Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka
  • Fitria Earlike Anwar Sani Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
  • Reny Puspitasari Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka
  • Anisa Zuria Sugeha Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka

Keywords:

Variasi Menu, Buffet Breakfast, Kepuasan Tamu

Abstract

Variasi menu buffet breakfast merupakan susunan beberapa menu makanan yang disediakan ketika pelayanan breakfast berjalan dengan rotasi menu yang sudah terjadwal. Kepuasan tamu adalah ukuran yang menentukan seberapa baik produk atau layanan perusahaan memenuhi harapan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh variasi menu buffet breakfast terhadap kepuasan tamu di hotel Ijen Suites Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada 99 responden yang menikmati buffet breakfast. Hasil penelitin dengan uji t pada variabel variasi menu buffet breakfast (x) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan tamu (Y), sebesar 61,7%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anufia, B. &. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. Ariawan, I., I. Wayan Jendra, and I. Utamayasa. Pelayanan Semi Buffet Breakfast oleh Waiter atau Waitress di Hotel Komaneka at Bisma Ubud. Diss. Politeknik Negeri Bali, 2023.

Candraningsih, I. G. (2022). Pelayanan Buffet Breakfast pada Era New Normal oleh Pramusaji di Makase Restaurant Hotel Indigo Bali Seminyak Beach. Hutagalung, Dody Andreas, Nafiah Ariyani, and Derinta Entas. “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas tamu melalui kepuasan tamu (studi kasus di favehotel gatot subroto jakarta).†JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 13.01 (2022): 94-111.

Masyuni, D. (2021). Gambaran Variasi Menu, Cita Rasa Makanan Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Katering Di Rumah Makan Dedi Datuk Kota Dumai. Rosdiana, I., I. Wayan Pugra, and Ni Putu Erna Surim Virnayanthi. Prosedur Pelayanan Buffet pada Menu Indonesian Breakfast di Tirta Restaurant Prama Sanur Beach. Diss. Politeknik Negeri Bali, 2023.

Wicaksono, A. (2020). Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Section Banquet Di Best Western Papilio Hotel Surabaya. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Wijaya, P. K. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di Botol Biru Grill & Bar Anantara Uluwatu Resort Bali. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha. Wijayanto, Adi Galih, Eka Afrida Ermawati, and Ayu Puwaningtyas. “Pengaruh Variasi Makanan Breakfast Terhadap Kepuasan Tamu Di Restoran Ijen Kokoon Hotel Banyuwangi.†Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 3.6 (2024): 739- 752.

Wijayanto, Adi Galih, Eka Afrida Ermawati, and Ayu Puwaningtyas. “Pengaruh Variasi Makanan Breakfast Terhadap Kepuasan Tamu Di Restoran Ijen Kokoon Hotel Banyuwangi.†Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 3.6 (2024): 739- 752.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Gogani, Z. N., Sani, F. E. A., Puspitasari, R., & Sugeha, A. Z. (2025). Pengaruh variasi menu buffet breakfast terhadap kepuasan tamu di hotel Ijen Suites Malang. Jurnal Pariwisata Tourista, 4(2), 80–84. Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jt/article/view/15007