Pengaruh pelatihan kerja terhadap peningkatan kualitas kinerja housekeeping room attendant di hotel Harper Malioboro Yogyakarta by Aston
Keywords:
Pelatihan, Kinerja, Room AttendantAbstract
Hotel Harper Malioboro Yogyakarta By Aston merupakan salah satu hotel yang ada di kota Yogyakarta, salah satu bagian Hotel Harper Malioboro Yogyakarat By Aston yang memiliki peran penting yaitu Housekeeping departement. Salah satu tugas pokoknya adalah membersihkan dan merapikan seluruh area kamar tidur dan area umum hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja terhadap kinerja Housekeeping Room Attendant di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta By Aston. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Housekeeping Room Attendant. Pada penelitian tidak digunakan teknik pengambilan sampel. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian dengan penyebaran kuesioner kepada 30 responden yang merupakan karyawan Housekeeping dengan cara membagikan kuesioner melalui online goggle form. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa, pengujian hipotesis menggunakan uji t (parsial) diperoleh nilai Thitung > Ttabel dimana 7,018 > 3,061 dengan tingkat signifikan 0,000 (p value < 0,05) menyatakan bahwa pelatihan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dimana semakin tinggi tingkat pelatihan kerja yang diberikan kepada karyawan maka akan meningkatkan kinerja karyawan Hotel Harper Malioboro Yogyakarta By Aston.
Â
Downloads
References
Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Teori, konsep dan indikator). Riau: Zanafa Publishing, 3.
Andayani, N. R., & Makian, P. (2016). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Bagian PT. PCI Elektronik International. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(1), 41-46.
Annishia, F. B., & Riswanto, R. (2020). Evaluasi Penerapan Standar Operasional Prosedur Housek eeping Department Dalam Penyediaan Bath Towel Di The Acacia Hotel Jakarta. Journal Fame: Journal Food And Beverage, Product And Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(1).
Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (cet. 19). Jakarta: Rineka Cipta.
Bantulu, L., Mokodongan, A., & Sima, A. S. (2023). Pel atihan dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan Hotel. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(2), 621-630.
Bps Provinsi Di Yogyakarta. (2022). Direktori Hotel Dan Akomodasi Lain Daerah Istimewa Yogyakarta 2022 . Bps Provinsi Di Yogyakarta.
Creswell, J.W. 2014. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Usama, A. G. S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D. S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H., & Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi Penelitian. Cv. Pena Persada.
Fauziah, Y. (2023). Pelaksanaan Pelatihan Karyawan Room Attendant Dengan Metode Off The Job Training Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kharisma Hotel Bukittinggi [Diploma Thesis]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Ganggarini, P. S. N., Arianty, A. A. A. A. S., & Purnantara, I. M. H. (2023). Pengaruh Standar Operasional Prosedur Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Housekeeping Di Puri Saron Hotel Lovina. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(2), 595–615.
Gujarati, Damodar. 2006. Dasar-Dasar Ekonometrika.Jakarta: Erlangga.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (Ed. 1 Cet. 4.). Rajawali.
Ma’arif, M. S. (2018). Pengaruh pelatihan terhadap kinerja melalui motivasi sebagai variabel intervening di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Mangkunegara, A. A. A. P. 2011. Manajemen sumber daya manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Milah, A. A. R. S. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karier Terhadap Se mangat Kerja (Studi Pada Staff Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Sukapura Tasikmalaya). Sarjana Thesis [Sarjana Thesis]. Universitas Siliwangi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts do so with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be submitted to the TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Travel as a journal publisher. Copyright includes the right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and other similar reproductions, and their translations.
The TESLA Journal: Hospitality, Travel Destinations and Tourist Travel and Editors strive to ensure that no false or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of articles and advertisements published in the Travel Media journal are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.