Pengaruh storynomics dan produk wisata terhadap minat berkunjung ke Kampung Pitu desa wisata Nglanggeran Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Adenia Zamrud Kabohang Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
  • Estikowati Estikowati Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
  • Asrofi Asrofi Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang

Keywords:

Storynomics, tourism, tourism product, visitor interest

Abstract

Perkembangan pariwisata Indonesia telah menunjukkan tren yang positif dalam beberapa tahun terakhir. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi, terjadi pergeseran dalam perilaku konsumen wisata. Wisatawan kini lebih cenderung mencari pengalaman yang otentik, berkelanjutan, dan berbasis budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh storynomics dan produk wisata terhadap minat berkunjung di Kampung Pitu, Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan program SPSS. Dengan menggunakan responden sebanyak 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel storynomics memiliki dampak signifikan, dengan konten kreatif yang menginspirasi meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung. Selain itu, variabel produk wisata juga berpengaruh, terutama terkait kemudahan akses informasi tentang Kampung Pitu. Secara statistik, baik storynomics maupun produk wisata secara individu menunjukkan pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Analisis regresi menunjukkan bahwa storynomics memiliki pengaruh dominan dibandingkan produk wisata, dengan koefisien regresi yang lebih tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran yang mengedepankan narasi menarik dan pengembangan produk wisata yang informatif untuk menarik lebih banyak pengunjung ke Kampung Pitu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, T., & Firdaus, T. (2015). The Influence Of Tourism Product ’ S Attributes Qualitytowards Domestic Travelers Visiting Decisions To Sumedang Regency, 1–18

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5 (2), 146-150.

Andina, S. A., & Aliyah, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur. Cakra Wisata, 22(1).

Asnawi, M. A. (2023). Pengaruh Media Sosial, Citra Destinasi, Dan Produk Destinasi Melalui Keputusan Berwisata Terhadap Sustainability Tingkat Kunjungan Wisatawan Di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Provinsi Sulawesi Utara (Studi Empiris pada Empat Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara).

Aprilicia, N. N., & Bharata, W. (2021, December). Pengaruh Attraction, Accessibility And Service Terhadap Interest To Visit Dan Dampaknya Terhadap Visiting Decision Pada Mall Plaza Mulia Samarinda. In Journey: Journal of Tourism Preneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management (Vol. 4, No. 2, pp. 341-366).

Azizah, N. (2022). Pariwisata Susur Sungai Banjarmasin Dengan Membangun Kebersamaan Antar Dosen dan Mahasiswa Pendidikan IPS.

Edrea, M., & Dewantara, Y. F. (2023). Analisis 4A terhadap Minat Berkunjung di Museum (Selvi, 2020)Nasional Jakarta. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6953-6962.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Girsang, D., & Sipayung, N. L. (2021). Peran Instagram terhadap minat berkunjung wisatawan ke objek wisata bukit indah simarjarunjung Kabupaten Simalungun (pasca pandemi covid-19). Jurnal Darma Agung, 29(3), 416-428.

Harira, S. (2020). Strategi Pengembangan Kampung Wisata Tenun Berbasis Community Based Tourism (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Kalimantan).

Rindiasari, P. R., Hidayat, Y., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(5), 367-372.

Sabri, S., Syarifudin, S., & Novita, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Obyek Wisata Danau Laut Tawar Kampung Mendale Kecamatan Kebayakan. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 112-126.

Windi, I. W. (2022). Pengaruh 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas Dan Ancillary) Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Gallery Water Karangmangu (GWK) Baturraden (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).

Yandi, A., Mahaputra, M. R., & Mahaputra, M. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta, 1(1), 14-27.

Yasaroh, R. M. A., Zulfah, M. A., & Hidayatulloh, M. K. Y. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Kelas Digital terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(2), 90-97.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Kabohang, A. Z., Estikowati, E., & Asrofi, A. (2025). Pengaruh storynomics dan produk wisata terhadap minat berkunjung ke Kampung Pitu desa wisata Nglanggeran Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Tourista, 4(2), 59–64. Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jt/article/view/15013