Usability Testing pada Aplikasi Mobile SnapChat Menggunakan System Usability Scale

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26905/jtmi.v10i2.13774

Keywords:

desain antarmuka, Snapchat, SUS, usability testing,

Abstract

Aplikasi Snapchat merupakan media sosial berbasis mobile untuk melakukan interaksi dengan orang lain melalui pesan, foto, atau video. Meskipun aplikasi Snapchat sebelumnya sempat booming di Indonesia, namun seiring berjalannya waktu penggunaan aplikasi Snapchat menurun. Oleh karena itu, kebergunaan aplikasi Snapchat perlu dievaluasi agar dapat diketahui seberapa mudah aplikasi dan fitur tampilan saat digunakan.  Penelitian ini bertujuan untuk melakukan usability testing pada aplikasi mobile Snapchat dengan mengukur tiga aspek, yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Aspek effectiveness dan efficiency dievaluasi melalui pengujian skenario tugas, sedangkan aspek satisfaction dievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS). Responden yang dilibatkan untuk usability testing ini terdiri atas 5 orang pengguna baru dan 5 orang pengguna lama aplikasi Snapchat. Hasil evaluasi yang didapat kemudian dijadikan sebagai dasar untuk menyusun rekomendasi perbaikan desain antarmuka dalam bentuk prototype yang kemudian dievaluasi kembali dengan cara yang sama seperti evaluasi sebelumnya. Hasil evaluasi setelah perbaikan desain antarmuka menunjukkan adanya peningkatan pada aspek effectiveness sebesar 12,50%, aspek efficiency sebesar 19,54%, dan skor SUS sebesar 18,75.

References

We are Social and Meltwater. (2024). Digital 2023 Global Overview Report, 2023. Accessed: Jun. 13, 2024. [Online]. Available: https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/the-changing-world-of-digital-in-2023-2

P. Walton. (2021). The Ultimate Guide to Snapchat. Tennessee: Turner Publishing Company.

H. N. Wolff. (2024). Number of Snapchat users in Indonesia from 2019 to 2023. Accessed: Mar. 23, 2024. [Online]. Available: https://www.statista.com/statistics/1333723/number-of-snapchat-users-indonesia/

J. Rubin and D. Chisnell. (2008). Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design and Conduct Effective Tests.

ISO. (2008). ISO 9241-11: Guidance on usability, Switzerland.

S. Ramadhani and W. A. Kusuma. (2018). PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi, Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika (JTMI), vol. 4, no. 2, pp. 209–214.

J. H. Kandami, D. I. Inan, R. Juita, L. yertas Baisa, M. Sanglise, and M. Indra. (2024). Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika Development and Evaluation of Android-based Infrastructure Rental Application: A Design Science Research Approach,†Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika (JTMI), vol. 10, no. 1, pp. 37–47, [Online]. Available: http://http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi

A. Ramadhan and Subari. (2022). Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika Penerapan Aplikasi Android E-Payment dan Pemesanan Layanan Pujasera,†Jurnal Teknologi dan Manajemen Informasi (JTMI), vol. 8, no. 1, pp. 46–55, [Online]. Available: http://http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi

J. Brooke. (1996). SUS: A quick and dirty usability scale,†Usability Eval. Ind., vol. 189, pp. 207–212.

E. Iryanti, L. O. M. Zulfiqar, S. S. Kusumawardani, and I. Hidayah. (2022). Pengukuran Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik dan System Usability Scale,†Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 9, no. 3, pp. 469–478, doi: 10.25126/jtiik.2022924631.

I. M. Sukarsa, I. P. W. Buana, I. P. J. Arya Utama, and N. W. Wisswani. (2022). Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus: Aplikasi Warga Bali),†Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 9, no. 5, pp. 1003–1010, doi: 10.25126/jtiik.2022955408.

W. P. Hapsari, H. M. Az-zahra, and P. Zulvarina. (2022). Perancangan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Pertunjukan dan Pembelajaran Kesenian Tradisional Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design,†Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 9, no. 7, pp. 1763–1770, doi: 10.25126/jtiik.2022976789.

A. P. Mulia, P. R. Piri, and C. Tho. (2023). Usability Analysis of Text Generation by ChatGPT OpenAI Using System Usability Scale Method,†in Procedia Computer Science, Elsevier B.V., pp. 381–388. doi: 10.1016/j.procs.2023.10.537.

D. Pal and V. Vanijja. (2020). Perceived usability evaluation of Microsoft Teams as an online learning platform during COVID-19 using system usability scale and technology acceptance model in India,†Child Youth Serv Rev, vol. 119, doi: 10.1016/j.childyouth.2020.105535.

J. Misfud. (2024). Usability Metrics – A Guide to Quantify The Usability of Any System. [Online]. Available: Usability Metrics – A Guide to Quantify The Usability of any System

J. Nielsen. (2024). Usability 101: Introduction to Usability. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

S. J. Dixon. (2023). Snapchat: Distribution of Global Audiences, by Age and Gender.†Accessed: Jan. 23, 2024. [Online]. Available: https://www.statista.com/statistics/933948/Snapchat-global-user-age-distribution/

A. Bangor, P. T. Kortum, and J. T. Miller. (2009). Determining what individual SUS scores mean: adding an adjective rating scale,†Journal of Usability Studies archive, vol. 4, pp. 114–123, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:7812093

Downloads

Published

2024-12-24