Penerimaan Teknologi QRIS bagi Pelaku UMKM Kabupaten Banyumas Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Authors

  • Jeffri Prayitno Bangkit Saputra Universitas Amikom Purwokerto
  • Retno Waluyo Universitas Amikom Purwokerto
  • Dwi Puji Lestari Universitas Amikom Purwokerto
  • Sekar Ajeng Ramadhani Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.26905/jtmi.v10i2.14703

Keywords:

Penerimaan Teknologi, UMKM, QRIS, TAM

Abstract

Pertumbuhan pelaku usaha UMKM di Banyumas mengalami peningkatan yang pesat. Pelaku UMKM di Banyumas menggunakan QRIS sebagai alat transaksi secara online, Penggunaan QRIS memberikan keuntungan pada pelaku UMKM. Pada kenyataannya masih terdapat kendala pada saat implementasi QRIS di antaranya infrastruktur jaringan, aspek sosial dan budaya terkait penerimaan dan adaptasi teknologi di masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan QRIS oleh pelaku UMKM di Banyumas menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Variabel eksternal meliputi kualitas informasi, kualitas sistem dan computer self efficacy. Jumlah sample yang digunakan 150 responden. Hasil penelitian ini menunjukan faktor kualitas informasi dan Computer self efficacy tidak berdampak terhadap Perceived Usefulness dan semua faktor eksternal pada penelitian ini berdampak terhadap Perceived ease of use. Faktor Perceived Usefulness tidak berdampak terhadap Behavioral intention sedangkan Perceived ease of use juga berdampak terhadap Behavioral intention. Selanjutnya faktor Behavioral intention berdampak terhadap Actual system use terhadap teknologi QRIS pada pelaku UMKM di Banyumas.

References

H. Purwanto, D. Yandri, and M. P. Yoga. (2022). Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan di Masyarakat, Kompleks. J. Ilm. Manajemen, Organ. Dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 80–91, doi: 10.56486/kompleksitas.vol11no1.220.

A. Fauzi et al., (2023). Peranan Bank Indonesia Dalam Mengatur dan Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran, J. Akunt. dan Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 80–89, doi: 10.56127/jaman.v3i1.654.

[

E. Sholihah and R. Nurhapsari. (2023). Percepatan Implementasi Digital Payment pada UMKM: Intensi Pengguna QRIS Berdasarkan Technology Acceptance Model, J. Nominal Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., vol. 12, no. 1, pp. 1–12, doi: 10.21831/nominal.v12i1.52480.

Z. A. Siregar, C. Yolanda, C. W. N. Butarbutar, M. I. Chaira, O. Prayogi, and O. M. Tanjung. (2024). Sosialisasi dan Edukasi QR Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai Aplikasi Pembayaran Non Tunai pada Generasi Milenial, J. Pengabdi. Masy. Tjut Nyak Dhien, vol. 3, no. 2, pp. 26–34.

M. T. B. Alfira and susilo Susilo. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan UMKM Menggunakan QRIS dan Pengaruhnya Terhadap Penghasilan UMKM di Pasar Rakyat Kota Malang, Contemp. Stud. Echonomic, Financ. Bank., vol. 2, no. 4, pp. 544–558.

L. Fauziyah and M. I. Prajawati. (2023). Persepsi dan Risiko QRIS sebagai Alat Transaksi Bagi UMKM, Ekon. J. Econ. Bus., vol. 7, no. 2, pp. 1159–1164, doi: 10.33087/ekonomis.v7i2.987.

W. B. Carera, D. S. Gunawan, and P. Fauzi. (2022). Analisis Perbedaan Omset Penjualan Umkm Sebelum dan Sesudah Menggunakan QRIS di Purwokerto, J. Ekon. dan Bisnis Akunt., vol. 24, no. 1, pp. 48–57.

A. S. S. Ariyanto, F. R. Yuttama, and S. Slamet. (2023). Evaluasi Penggunaan Qris Menggunakan Model Utaut pada Era Perkembangan Fintech, Maj. Ilm. METHODA, vol. 13, no. 3, pp. 253–160, doi: 10.46880/methoda.vol13no3.pp253-260.

[

S. Nurjanah, Y. S. Shafrani, D. A. Mahmudati, and A. K. Sabarina. (2024). Optimalisasi QRIS dalam Meningkatkan Skala Usaha UMKM Kawasan Pasar Kuliner Purwasera Purwokerto, JOMI J. Organ. dan Manaj. Indones., vol. 2, no. 1.

A. Supriyanto. (2021). Pertumbuhan Bisnis Online Mahasiswa Melalui Sosial Media pada Masa Pandemi Covid-19, Al-Kharaj J. Islam. Econ. Bus., vol. 3, no. 2, pp. 15–30, doi: 10.24256/kharaj.v3i2.2386.

N. K. C. Endita and I. N. Wirsa. (2023). Peningkatan Pemahaman QRIS Sebagai Pembayaran Digital Bagi Nasabah UMKM Bank BPD Bali Cabang Renon, BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 3551–3557.

T. Yuliati and T. Handayani. (2021). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Digital Qris Sebagai Alat Pembayaran Pada Umkm, Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 811–816, doi: 10.31004/cdj.v2i3.2612.

S. C. Sudyantara and A. Yuwono. (2023). Mengelola Penggunaan QRIS dan QRcode Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Bagi UMKM, Insight Manag. J., vol. 3, no. 3, pp. 252–258, doi: 10.47065/imj.v3i3.271.

A. R. Afradini. (2024). Dinamika Implementasi QRIS pada UMKM di Kota Pontianak, J. Andromeda, vol. 2, no. 1, pp. 88–98.

I. D. Putri et al., (2024). Dampak Alat Pembayaran QRIS terhadap Omzet Penjualan Pedagang Kuliner, J. Ekon. Akunt. dan Manaj., vol. 2, no. 3, pp. 1–16.

D. Fecira and T. M. K. Abdullah. (2020). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), Intelektiva J. Ekon. Sos. Hum., vol. 2, no. 4, pp. 35–50.

I. Maita and S. Majid. (2022). Analisis Penerimaan terhadap Penggunaan E-Learning Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM), J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 30–35, doi: 10.37034/jsisfotek.v4i1.120.

M. Murjoko and E. Effiyaldi. (2023). Analisis Efektifitas Sistem Informasi Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Menggunakan Metode TAM, J. Manaj. Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 322–336.

S. Indriani, A. Bachtiar, I. Indriaturrahmi, and A. Juliansyah. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Mahasiswa Terhadap QRIS Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 7, no. 2, pp. 533–543, doi: 10.29408/jit.v7i2.26489.

A. A. Reswari and B. Usman. (2024). Implementasi Pengujian Model TAM pada Aplikasi QRIS Merchant: Studi Empiris di Kota Bengkulu, J. Ilm. Manaj. Bisnis dan Inov. Univ. Sam Ratulangi, vol. 11, no. 1, pp. 1199–1214.

A. G. N. Jati, F. P. Margono, T. A. Ardiyono, and A. Wulansari. (2023). Analisis Faktor Tingkat Kepercayaan Penggunaan QRIS Pada UMKM di Surabaya Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), Djtechno J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 141–153, doi: 10.46576/djtechno.v4i1.3319.

F. M. Kusuma, Y. T. Ardianto, and D. A. Prasetya. (2022). System Quality dan Information Quality terhadap Kinerja Pegawai Melalui User Satisfaction menggunakan SIPD di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 9–19, doi: 10.26905/jtmi.v8i1.6739.

N. M. Firdaus, Y. T. Ardianto, and N. Sisharini. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Platform Pembelajaran Daring terhadap Kepuasan Pengguna, J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 70–80, doi: 10.26905/jtmi.v10i1.12294.

Y. A. Kanthi and S. Aminah. (2023). Evaluasi Faktor Keberhasilan dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Pengaduan Online Kota Malang, J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 129–140, doi: 10.26905/jtmi.v9i2.11036.

S. N. Andinia, G. Prakarsa, and V. M. Nasution. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pengguna QRIS di Indonesia, TeknoIS J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 13, no. 2, pp. 201–212, doi: 10.36350/jbs.v13i2.206.

I. D. Rahmawati and M. Nasih. (2022). Pengaruh Lifestyle, Computer Self Efficacy, Persepsi Manfaat, dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan SIA Berbasis E-Commerce, EKUITAS (Jurnal Ekon. dan Keuangan), vol. 6, no. 3, pp. 417–435, doi: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5258.

Em. Kusmaeni, R. Nugraheni, N. Syahrenny, and E. Sulistyowati. (2022). Computer Anxiety, Computer Self Efficacy, Pemahaman Akuntansi dan Minat Mahasiswa Menggunakan Software Akuntansi, E-Jurnal Akunt., vol. 32, no. 9, pp. 2748–2758, doi: 10.33319/jeko.v11i1.107.

P. Y. Chau and P. J.-H. Hu. (2021). Information technology acceptance by individual professionals: A model comparison approach, Decis. Sci., vol. 32, no. 4, pp. 699–719.

K. Wijaya. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi dan Pelayanan Pada Model Penerimaan Teknologi Aplikasi: Studi Kasus Aplikasi Mobile Wallet di Indonesia, All Sci. Journals, vol. 2, no. 2, pp. 136–146.

B. A. R. Tulodo and A. Solichin. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.), J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1, pp. 25–43.

V. Venkatesh and F. D. Davis. (2000). A Theoretical Extension of The Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies, J. Manag. Sci., vol. 46, no. 2, pp. 186–204.

N. Thongsri, L. Shen, and Y. Bao. (2020). Investigating academic Major Differences in Perception of Computer Self-Efficacy and intention Toward E-learning Adoption in China, Innov. Educ. Teach. Int., vol. 57, no. 5, pp. 577–589, doi: 10.1080/14703297.2019.1585904.

X. Hong, M. Zhang, and Q. Liu. (2021). Preschool Teachers’ Technology Acceptance During the COVID-19: An Adapted Technology Acceptance Model, Front. Psychol., vol. 12, p. 691492, doi: 10.3389/fpsyg.2021.691492.

A. W. Perwitasari. (2022). The Effect of Perceived Usefulness and Perceived Easiness towards Behavioral Intention to Use Fintech by Indonesian MSMEs, The Winners, vol. 23, no. 1, pp. 1–9, doi: 10.21512/tw.v23i1.7078.

F. Monica and E. Japarianto. (2022). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Melalui Perceived Enjoyment Terhadap Behavior Intention Pada Digital Payment, J. Manaj. Pemasar., vol. 16, no. 1, pp. 9–15, doi: 10.9744/pemasaran.16.1.9-15.

N. S. Mardhiyah, M. Rusdi, and P. C. Azwari. (2020). Analisis Technology Acceptance Model Terhadap Aplikasi Gojek pada Mahasiswa di Kota Palembang, Esensi J. Bisnis dan Manaj., vol. 10, no. 2, pp. 173–180, doi: 10.26623/jreb.v13i3.2861.

Downloads

Published

2024-12-24