SISTEM KEAMANAN BRANKAS BERBASIS KARTU RFID E-KTP

Ath Thaareq Mahesa, Hendar Rahmawan, Avan Rinharsah, Samsul Arifin

Abstract


Brankas adalah suatu tempat yang disediakan untuk menyimpan suatu benda yang berharga seperti dokumen penting, perhiasan, uang dan barang berharga lainnya. Pada saat ini keamanan brankas masih menggunakan sistem penguncian semi otomatis yaitu dengan menggunakan kunci kombinasi. Penggunaan kunci kombinasi kurang efisien karena pengguna brankas mudah lupa pin dari kunci kombinasi brankas. Kunci kombinasi juga mudah dibobol oleh pencuri. Saat ini penggunaan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) di indonesia mulai berkembang salah satunya kartu e-ktp yang sudah terdapat chip RFID tetapi untuk pemanfaatan masih kurang. Sistem kerja dari alat ini jika ingin membuka pintu brankas harus melakukan tapping menggunakan kartu e-ktp yang sudah terdaftar pada sistem keamanan brankas jika saat tapping sukses maka dari sistem keamanan akan menapilkan informasi di LCD dan mengirim informasi ke database yang sudah dibuat lalu ke aplikasi smartphone sebagai pengaman kedua, memanfaatkan teknologi Internet Of Things jika informasi dari smartphone disetujui maka pintu brankas akan terbuka dan aplikasi pada smartphone sebagai monitoring kondisi brankas jika akan terjadi pembobolan maka dari alat sistem keamanan brankas mengirim informasi ke aplikasi smartphone. Dan jika saat melakukan tapping kartu e-ktp yang tidak terdaftar di sistem keamanan maka pintu tidak akan terbuka.

 

DOI : https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i1.3105


Keywords


RFID MFRC522; NODEMCU V3; E-KTP

Full Text:

PDF

References


Techno Kita. (2020). Techno Kita - Info Terkini Dunia Teknologi Dan Gadget. [online] Available at: https://www.technokita.my.id/ [Accessed 13 Jan. 2020].

Datasheet RFID Reader/Writer Module MIFARE RC522 13.56MHz.http://www.alldatasheet.com/view.jsp?Searchword=Mfrc522% 20datasheet Diakses pada tanggal (21 Mei 2019).

Gabriel, A. K. dan O. K. Boyinbode. 2011. The Place of Emerging RFID Technology in National Security and Develoment. International journal of Smart Home

Saputro, Eko. 2016, Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan E-Ktp Berbasis Mikrokontroler Atmega328 Semarang: Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i1.3105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



ndexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.