Kualitas Informasi Sebagai Penghubung Antara Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna: Study Core Banking System Pada BPR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan tiga variabel yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna. Pengaruh kualitas informasi sebagai mediasi dari kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna Core Banking System (CBS) pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh langsung antara kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna CBS. Responden adalah karyawan BPR sebagai pengguna CBS bernama Assist-BPR.NET di wilayah Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 karyawan bagian operasional dari 10 BPR di Malang yang menggunakan CBS Assist-BPR.NET. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah sensus dengan menggunakan seluruh jumlah populasi sebagai sampel. Teknik analisis menggunakan Teknik regresi linier dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi sebagai variabel mediasi dapat memediasi variabel kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
W. H. DeLone and E. R. McLean, “Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable,” Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 1, pp. 60–95, Mar. 1992, doi: 10.1287/isre.3.1.60.
W. H. DeLone and E. R. McLean, “Information Systems Success Measurement,” Found. Trends® Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 1–116, 2016, doi: 10.1561/2900000005.
Y. H. Al-Mamary, A. Shamsuddin, and N. Aziati, “The Relationship between System Quality, Information Quality, and Organizational Performance,” no. 3, p. 4, 2014.
J. M. Hudin and D. Riana, “kajian model kesuksesan sistem informasi delone & mclean pada pengguna sistem informasi akuntansi accurate di kota sukabumi,” J. Sist. Inf., vol. 12, no. 1, p. 1, May 2016, doi: 10.21609/jsi.v12i1.444.
N. P. Rana, Y. K. Dwivedi, M. D. Williams, and V. Weerakkody, “Investigating success of an e-government initiative: Validation of an integrated IS success model,” Inf. Syst. Front., vol. 17, no. 1, pp. 127–142, Feb. 2015, doi: 10.1007/s10796-014-9504-7.
N. Hidayati, F. Harimuti, Dewi SPA. (2017). Analisis pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna sistem e-filing. Riset akuntansi dan keuangan indonesia, 2(2), 156-162. From https://doi.org/10.23917/reaksi.v2i2.4913
N. Hanadia, S. Rahayu, and D. Zultilisna, “Pengaruh Kualitas Sistem, Perceived Usefulness, Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Terhadap Sistem Dashboard Pdam Tirta Raharja 2017),” p. 8.
F. Wahyudi, H. Respati, and Y. T. Ardianto, “Study on DAPODIK Information System: User Satisfaction as Mediation of System Quality and Information Quality on Net Benefit,” p. 10, 2017.
A. Maes and G. Poels, “Evaluating Quality of Conceptual Models Based on User Perceptions,” in Conceptual Modeling - ER 2006, vol. 4215, D. W. Embley, A. Olivé, and S. Ram, Eds. Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg, 2006, pp. 54–67.
B. Ives, M. H. Olson, and J. J. Baroudi, “The measurement of user information satisfaction,” Commun. ACM, vol. 26, no. 10, pp. 785–793, Oct. 1983, doi: 10.1145/358413.358430.
D. S. S. Satchidananda, S. Rao, and R. Wadhavkar, “Core Banking Solutions: An Assessment,” p. 15.
M. Andarwati, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Penggunaan Core Banking System (Cbs) Dengan Menggunakan Model Delone Dan Mclean,” vol. 20, p. 10.
N. Gorla, T. M. Somers, and B. Wong, “Organizational impact of system quality, information quality, and service quality,” J. Strateg. Inf. Syst., vol. 19, no. 3, pp. 207–228, Sep. 2010, doi: 10.1016/j.jsis.2010.05.001.
Y. H. Al-Mamary, A. Shamsuddin, and A. H. N. Aziati, “Key factors enhancing acceptance of management information systems in Yemeni companies,” p. 4, 2014.
DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i2.3648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index Copernicus International (ICI)
Tools
Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika
Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang
Alamat:
Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.