Digital Learning System (DLS) Sebagai Model Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Digital Berbasis Website Di Jurusan Teknik Informatika Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Terdy Kistofer, Ginanjar Setyo Permadi, Tanhella Zein Vitadiar

Abstract


Pada penelitian ini media pembelajaran yang dikembangkan yaitu pembelajaran sistem digital. Pembelajaran sistem digital di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang masih menggunakan sistem konvensional dengan sistem pengajaran yang mengandalkan lisan.  Sehingga proses belajar mengajar sistem digital kurang optimal karena kompetensi dasar tidak dapat diajarkan secara utuh. Maka dari itu dikembangkan media pembelajaran sistem digital yang menerapkan Digital Learning System (DLS) dengan dibuat beberapa bahan ajar terdiri dari modul learning, video tutorial, latihan soal, simulasi percobaan, dan konsultasi secara online sehingga memudahkan peserta didik dalam belajar. Bukan hanya itu, pengajar juga dapat lebih siap dalam pengajaran dan dapat membuat proses belajar mengajar lebih efektif dan menarik. Hasil dari penelitian ini berdasarkan respon mahasiswa mendapatkan hasil rata- rata 3,06 dengan rating 81,2% (kategori baik). Dengan memanfaatkan Digital Learning System (DLS) diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar bagi mahasiswa khususnya di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dalam meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran sistem digital secara mandiri serta dapat mengaplikasikan sistem digital di kehidupan sehari – hari.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.4976


Keywords


Sistem Digital; Media Pembelajaran; KKNI; Digital Learning System (DLS)

Full Text:

PDF

References


T. Triwiyanto, Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.

S. R. Muntu, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK,” Universitas Negeri Makasar, 2017.

H. Molenda, Instructional media and technology for learning. London: Pearson, 2014.

T. Kistofer, G. S. Permadi, and T. Z. Vitadiar, “Development of Digital System Learning Media Using Digital Learning System,” in 1st Vocational Education International Conference (VEIC 2019), 2019, pp. 177–182.

E. Y. Pramesti, “Penggunaan Digital Learning System (Dls) Sebagai Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Smp Negeri 5 Surabaya,” Universitas Airlangga Surabaya, 2018.

E. Prihatin, Guru Sebagai Fasilitator. Bandung: Karsa Mandiri Persada, 2008.

R. Kamatchi, “Software Engineering: Web Development Life Cycle,” Int. J. Eng. Res. Technol., vol. 2, no. 3, pp. 2278–0181, 2013.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.4976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



ndexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.