Sistem Informasi Pondok Modern Az Zahra Al Gontory Berbasis Web Menggunakan Bootsrap

Argiyan Dwi Pritama, Doni Hidayat

Abstract


Sistem Informasi Pondok Modern Az Zahra Al Gontory berbasis web merupakan suatu sistem yang memudahkan masyarakat secara umum maupun calon santri dan orang tua santri secara khusus agar dapat lebih mengenal dan mengetahui profil pondok secara menyeluruh. Pondok Pesantren Modern Az Zahra Al Gontory yang terletak di Gunung Tugel, Purwokerto awalnya merupakan sebuah pondok pesantren salaf atau tradisional, kemudian pada tahun 2020, pengurus Pondok Pesantren Modern Az-Zahra Al Gontory telah sepakat untuk mengubah pola dan sistem pembelajaran yang ada di pondok menjadi Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KTI) dengan menerapkan sistem dan pola pembelajaran Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Oleh karena itu, dalam mengembangkan dan lebih mengenalkan program pondok yang baru ini dibuatlah Sistem Informasi Berbasis Website dengan menggunakan Bootstrap sebagai framework untuk mejadikan tampilan website lebih menarik dan diharapkan dapat lebih mengenalkan Pondok Modern Az Zahra Al Gontory ke masyarakat luas dan memberikan informasi lebih lengkap kepada calon santri dan calon orang tua santri dengan cara yang lebih menarik dan dapat diakses dengan mudah. Dan hasil akhir dari pemberian informasi adalah adanya keputusan dari orang tua untuk memasukan calon santri ke pendidikan di Pondok Modern Az Zahra Al Gontory ini. Tingkat kesiapan teknologi (TKT) pada penelitian ini ada pada Level Dua dikarenakan sistem bersifat praktis, dan juga spekulatif, serta dibatasi pada studi analitik.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5165


Keywords


Pondok Modern Az Zahra; Website; Bootsrap;

Full Text:

PDF

References


N. Ardian, “Pengembangan Website FKIP Unsri sebagai Media Penyampaian Informasi,” Tugas Akhir PDK Unsri Tidak diterbitkan, 2008.

Y. Utama, “Sistem informasi berbasis web jurusan sistem informasi fakultas ilmu komputer universitas sriwijaya,” 2011.

S. H. R. Suradijono, “Pembelajaran berbasis web: Suatu tinjauan dari aspek kognitif,” Lokakarya Metod. Pembelajaran Berbas. Web. Dep. Tek. Penerbangan ITB, Bandung, vol. 1, 2004.

D. E. Hendrianto, “Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan,” IJNS-Indonesian J. Netw. Secur., vol. 4, no. 3, 2013.

H. T. Sihotang, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, 2018.

P. van Hesteren and F. Verburg, “Bootstrap by Hesteren,” 2016. https://delftswa.gitbooks.io/desosa2016/content/bootstrap/chapter.html.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



ndexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.