Pengaruh Entrepreneurship dan Market Oriented Terhadap Keunggulan Bersaing untuk Peningkatan Kinerja Online Shop UMKM

Uke Prajogo

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh market oriented dan entrepreneurship terhadap keunggulan bersaing untuk peningkatan kinerja online shop pada UMKM di Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini adalah 84 orang responden yang menjadi pemilik UMKM diambil secara incidental sampling. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dimana X1 menunjuk pada variable entrepreneurship, X2 pada market oriented, Y1 pada keunggulan bersaing, dan Y2 pada kinerja online shop. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa market oriented dan entrepreneurship berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja online shop. Market oriented dan entrepreneurship yang lebih baik akan meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja online shop. Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja online shop.


DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5352

Keywords


Market Oriented; Enterpreneurship; Keunggulan Bersaing; Kinerja Online Shop;

Full Text:

PDF

References


E. Hadiyati, “Pemasaran untuk UMKM (Teori dan Aplikasi),” Ed. Pertama, Cetakan Pertama, Malang Bayumedia, 2010.

M. E. Porter, On competition. Harvard Business Press, 2008.

G. T. Lumpkin, “dan Dess, GG 1996,” Clarifying Entrep. Orientat. Constr. Link. it to Perfomance, Acad. Manag. Rev., vol. 33, no. 1, pp. 135–172.

A. Suryanita, “Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Kompetensi Pengetahuan Terhadap Kapabilitas Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empirik Pada Industri Pakaian Jadi Di Kota Semarang).” Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2006.

J. C. Narver and S. F. Slater, “The effect of a market orientation on business profitability,” J. Mark., vol. 54, no. 4, pp. 20–35, 1990.

H. Hart and S. Sittimalakorn, “Market OrientationVersus Quality Orientation: Sucess of Superior Business Performance,” J. Strateg. Manag., pp. 12243–12253, 2004.

S. G. Bharadwaj, P. R. Varadarajan, and J. Fahy, “Sustainable competitive advantage in service industries: a conceptual model and research propositions,” J. Mark., vol. 57, no. 4, pp. 83–99, 1993.

N. M. Scarborough, T. Zimmerer, and D. Wilson, Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management: Instructor’s Manual with Test Item File & Video Guide. Pearson Prentice Hall, 2008.

R. A. Fatmawati, A. Pradhanawati, and N. Ngatno, “Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 351–362, 2016.

C. Nakhata, “The relationships between human capital, entrepreneurial competencies and career success of SME entrepreneurs in Thailand,” AU J. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 17–26, 2007.

R. Dermawan, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Kemampuan Manajemen terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan Studi Kasus pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Malang,” STIE Malangkcecwara, 2015.

W. P. Aji and Y. SUGIARTO, “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Dan Daya Saing Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Knalpot (Studi Pada Home Industri Knalpot di Kabupaten Purbalingga).” Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2014.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



ndexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.