Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness terhadap Penggunaan Teknologi Marketplace dengan Attitude sebagai Variabel Intervening

Uke Prajogo

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap penggunaan teknologi marketplace dengan attitude sebagai variabel intervening.

Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini adalah 84 orang responden yang menjadi pemilik UMKM diambil secara incidental sampling. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dimana X1 menunjuk pada variabel perceived ease of use , X2 pada perceived usefulness, Y1 pada attitude, dan Y2 pada penggunaan teknologi marketplace.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa market oriented dan entrepreneurship berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Market oriented dan entrepreneurship yang lebih baik akan meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Keywords


perceived ease of use; perceived usefulness; attitude; teknologi marketplace

Full Text:

PDF

References


F. D. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use And User Acceptance Of Information Technology”, MIS Quarterly, Vol. 13 No.3, pp. 318-39, 1986.

F. D. Davis, “Measurement Scales for Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use”, 1986. http://wings.buffalo.edu/mgmt/courses/mgtsand/success/davis.html, (retrieved 23 Desember 2005) dasril.wordpress.com/e-commerce.

M. W. Adhiputra, “Aplikasi Technology Acceptance Model terhadap Pengguna Layanan Internet Banking”, Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 2 (1), 52 – 63, 2015.

U. Prajogo, “Rancangan Model Pengembangan Kewirausahaan pada Mahasiswa Ditinjau dari Persepsi, Minat dan Kompetensi Kewirausahaan”, Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia (JMKLI), Volume 1, No. 1, page 59 – 70, 2017.

B. A. Yuliyani & M. S. Dewi, “Generasi Y dan Adopsi terhadap Internet Banking pada Nasabah di Indonesia Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM)”, Jurnal Wawasan Manajemen, 4 (3), 231 – 244, 2016.

U. Prajogo, Armanu & Rofiaty, “The Influence Of Psychological Toward Consumers Adoption Of Innovation With Consumer Innovativeness As Mediators (Study Of Cellular Telephone Consumers In Malang City)”, International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), Volume 9, Issue 11, November 2018, pp. 1130–1147, 2018.

Arya Nugraha & Herry Laksito, “Anteseden Penerimaan Teknologi Informasi Dalam Profesi Audit Internal Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Empiris Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Jawa Tengah)”, Diponegoro Journal Of Accounting, Volume 3, Nomor 2, Tahun 2014, Halaman 1-15, 2014.

R. P. Bangkara & N. P. S. H. Mimba, “Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Pada Minat Penggunaan Internet Banking Dengan Attitude Toward Using Sebagai Variabel Intervening”, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 16.3, September (2016): 2408-2434, 2016.

E. I. Tyas & E. S. Darma, “Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi: Studi Empiris Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan Baitul Maal Wa Tamwil Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sekitarnya”, Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, Vol. 1 No. 1, Hlm: 25-35, 2017.

U. Prajogo, M. Lutfi, Y. Liana, and A. Sutanto, “Evaluation of post-harvest coffee to conform with good manufacturing practices (GMP) to develop entrepreneurship”, Published under licence by IOP Publishing Ltd. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Volume 475, International Conference on Green Agro-industry and Bioeconomy 26-27 August 2019, Malang East Java Indonesia, 2020.

U. Prajogo, “Pengaruh Entrepreneurship dan Market Oriented Terhadap Keunggulan Bersaing untuk Peningkatan Kinerja Online Shop UMKM”, Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika (JTMI), Volume 6, Issue 2, pages 147 – 152, 2020.

Hadiyati. 2010. Pemasaran Untuk UMKM. (Teori dan Aplikasi). Jilid 1. Bayu Media Publishing, Malang, Indonesia




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v7i1.5942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika



ndexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.