Analisis Kebiasaan Berolahraga di Masa Covid-19 Menggunakan Kerangka Kerja Gamifikasi Octalysis

Anastasia L Maukar, Fitri Marisa, Anik Vega Vitianingsih, Erri Wahyu Puspitarini, Elta Sonalitha, Rini Agustina

Abstract


Saat ini seluruh penduduk dunia berjuang melawan wabah covid-19. Cara yang efektif melawan covid adalah melawannya dengan meningkatkan imut tubuh. Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah menjaga hidup sehat dengan kebiasaan berolahraga. Namun faktanya sebagian besar orang cenderung enggan berolahraga dengan berbagai alasan. Maka penelitian ini menganalisis bagaimana motivasi masyarakat dalam berolahraga selama pandemic Covid-19 dengan analisis core drive Octalysis sehingga dapat digali lebih jauh doronga-dorongan apa saja yang mungkin lemah dan yang kuat sehingga bisa dijadikan referensi bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga yang lebih diminati. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecenderungan masyarakat berolahraga semasa pandemic Covid-19 adalah termotivasi ingin menjaga kesehatan diri sendiri dan menginspirasi orang lain untuk hidup sehat. Sedangkan suasana kompetisi maupun kerjasama dalam olah raga tidak terlalu dibutuhkan karena masyarakat tidak terlalu termotivasi dari dua hal tersebut.

Keywords


Gamification; Octalysis; Motivasi; Olah raga

Full Text:

PDF

References


J. Siahaan et al., Dinamika Merdeka Belajar dan Merdeka Olahraga pada Masa Pandemi Covid-19. 2020.

S. L. Reiner, G. H. Smith, and R. B. Davis, “Exercise participation and subjective well-being of collegiate athletes during COVID-19 Pandemic,” J. Hum. Sport Exerc., vol. 17, no. 3, pp. 1–12, 2021, doi: 10.14198/jhse.2022.173.16.

Sepriadi, “PENGARUH MOTIVASI BEROLAHRAGA DAN STATUS GIZI TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI Sepriadi,” J. PENJAKORA, vol. 4, no. 1, 2017.

Z. Đogaš et al., “The effect of COVID-19 lockdown on lifestyle and mood in Croatian general population: A cross-sectional study,” Croat. Med. J., vol. 61, no. 4, pp. 309–318, 2020, doi: 10.3325/cmj.2020.61.309.

M. López-Moreno, M. T. I. López, M. Miguel, and M. Garcés-Rimón, “Physical and psychological effects related to food habits and lifestyle changes derived from covid-19 home confinement in the spanish population,” Nutrients, vol. 12, no. 11, pp. 1–17, 2020, doi: 10.3390/nu12113445.

Y.-K. Chou, Actionable gamification: Beyond points, badges, and leaderboards. 2016.

J. Landsell and E. Hägglund, Towards a Gamification Framework: Limitations and opportunities when gamifying business processes. 2016.

F. Marisa, S. Sakinah, S. Ahmad, and Z. I. Mohd, “Analysis Of Relationship CLV with 8 Core Drives Using Clustering K-Means and Octalysis Gamification Framework,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 98, no. 20, pp. 3151–3164, 2020, [Online]. Available: http://www.jatit.org/volumes/Vol98No20/6Vol98No20.pdf.

F. Marisa, S. S. Syed Ahmad, Z. I. Mohd Yusoh, A. L. Maukar, R. D. Marcus, and A. A. Widodo, “Evaluation of Student Core Drives on e-Learning during the Covid-19 with Octalysis Gamification Framework,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 11, no. 11, pp. 104–116, 2020, doi: 10.14569/IJACSA.2020.0111114.

R. M. Toasa, E. Celi, L. Herrera, and U. T. Israel, “Using accomplishment from Octalysis Framework in a Dynamic Game,” in 2020 15th Iberian Conference on Information Systems and Technologies (CISTI), 2020, no. June, pp. 24–27.

F. Marisa, T. M. Akhriza, A. L. Maukar, and A. R. Wardhani, “Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 28, pp. 219–228, 2020.

K. Robson, K. Plangger, J. H. Kietzmann, I. McCarthy, and L. Pitt, “Is it all a game? Understanding the principles of gamification,” Bus. Horiz., vol. 58, no. 4, pp. 411–420, 2015, doi: 10.1016/j.bushor.2015.03.006.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v7i1.6041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika



Indexing by:
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.