Rekomendasi Supplement Learning Resources dalam E-Learning berbasis Fuzzy AHP

Anastasia L Maukar, Fitri Marisa, Ahmad Farhan, Ibnu Khalim, Inayati Sa’adah, Mas ‘Edi, Muchamad Roni, Moch. Fajar

Abstract


Menentukan sumber pembelajaran pendukung yang efektif dalam E-Learning merupakan suatu permasalahan yang kompleks, karena keputusan yang diberikan untuk berbagai kriteria yang ditujukan untuk memberi prioritas kepada alternatif yang digunakan. Pendekatan Fuzzy-Analytic Hierarchy Process (Fuzzy AHP) termasuk salah satu prosedur yang bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Metode ini dapat digunakan untuk menentukan keputusan dalam penaksiran kepada kriteria yang sudah ada sebelumnya. Dari perhitungan pengujian yang dilakukan, YouTube mendapat peringkat tertinggi yang lalu dibawahnya diikuti oleh Google, Brainly, dan yang terakhir Slide Player. Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa YouTube bisa dijadikan sebagai sumber pembelajaran pendukung dalam sistem pembelajaran E-Learning.

Keywords


E-Learning; Fuzzy AHP; YouTube;

Full Text:

PDF

References


M. Saefi et al., “Survey data of COVID-19-related knowledge, attitude, and practices among indonesian undergraduate students,” Data Br., vol. 31, p. 105855, 2020, doi: 10.1016/j.dib.2020.105855.

Y. Kustiyahningsih and H. Suprajitno, “APLIKASI SPK UNTUK REKOMENDASI SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN ADAPTIVE,” pp. 443–450, 2017.

F. Marisa, S. S. Syed Ahmad, Z. I. Mohd Yusoh, A. L. Maukar, R. D. Marcus, and A. A. Widodo, “Evaluation of Student Core Drives on e-Learning during the Covid-19 with Octalysis Gamification Framework,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 11, no. 11, pp. 104–116, 2020, doi: 10.14569/IJACSA.2020.0111114.

M. K. Pembelajaran, O. Ananda, and H. Elyas, “Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” no. April, 2018.

D. L. Mishra, D. T. Gupta, and D. A. Shree, “Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic,” Int. J. Educ. Res. Open, p. 100012, 2020, doi: 10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Mailizar, A. Almanthari, S. Maulina, and S. Bruce, “Secondary school mathematics teachers’ views on e-learning implementation barriers during the COVID-19 pandemic: The case of Indonesia,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 16, no. 7, 2020, doi: 10.29333/EJMSTE/8240.

D. Utari and H. Rusnedy, “Pemilihan Smartphone berdasarkan Rekomendasi Profile User : Integrasi Fuzzy Analytical Hierarchy Process dan Rule Based,” vol. 02, pp. 211–219, 2020.

C. Journal and E. T. Luthfi, “Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process untuk SPK Penyeleksian Naskah Layak Terbit,” vol. 4, no. 2, 2017.

C. Prananta, “Analisis Keputusan Pemilihan Video Sinematografi,” vol. 8, no. 2, 2020.

S. R. Amaliah, Y. F. A. Wibowo, and K. A. Laksitowening, “Implementasi Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) Untuk Pengambilan Keputusan Pemilihan Tingkat Kematangan Sistem E-learning Berdasarkan Proses EMM (e-learning Maturity Model),” eProceedings Eng., vol. 2, no. 3, pp. 7811–7818, 2015.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v7i2.6376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika



Indexing by

width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.