Sistem Informasi Bimbingan Konseling Menggunakan Framework PHP Codeigniter 4.0 (Studi pada SMAK Frateran Malang)

Fransiskus Xaverius Agung Perkasa Jampur, Vinno Christmantara

Abstract


Kegiatan bimbingan dan konseling terutama pada pendidikan sekolah menengah atas memegang peranan penting bagi perkembangan siswa, dengan adanya data bimbingan konseling, Guru Bimbingan Konseling dapat mengetahui perkembangan siswa dari kelas awal hingga akhir sehingga mampu memberikan pengarahan yang tepat kepada siswa. Pelaksanaan bimbingan konseling di SMAK Frateran Malang dilakukan secara periodik namun data bimbingan belum sepenuhnya terdokumentasi dengan baik seperti ketika siswa yang melakukan konseling ditulis hanya kedalam buku rekap konseling dimana hal ini dimungkinkan rawan kehilangan data, lalu konseling yang dilakukan secara lisan dan belum tercatat dalam buku, hal ini menimbulkan kesulitan reabilitas data konseling. Dalam peneliti ini menggunakan metode penelitian model software development life cycle dimana dalam tahap analisa dan perancangan menghasilkan empat aktifitas sistem yaitu aktifitas pengaturan sistem, aktifitas data konseling, aktifitas data siswa, dan aktifitas data pelanggaran, dimana terdapat dua pengguna yaitu Guru Bimbingan Konseling dan siswa yang dapat langsung melakukan interaksi kedalma sistem, selanjutnya tahap implementasi sistem menggunakan framework PHP Codeigniter. Dari hasil penelitian ini diperoleh sebuah prototipe sistem informasi bimbingan konseling yang mampu mendokumentasi setiap aktifitas konseling dengan baik dan reliabel sehingga data tersebut dapat dipakai untuk pengarahan siswa dengan tepat

Keywords


Sistem informasi; bimbingan konseling

Full Text:

PDF

References


I. Yunita dan Sunardi, “Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling di MtsMiftahul Arifin dengan Menggunakan PHP dan MySQL,” AiTech, vol. 3 No. 1, pp. 59-65, April 2017.

N. Damayanti, Buku Pintar Panduan Bimbingan Konseling, Yogyakarta: Araska, 2012.

R. Hanafi, N. C. Wibowo dan A. B. Putra, “Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web (Studi Kasus : SMK Negeri 1 Mojoagung),” Jurnal Informatika dan Sistem Informasi(JIFoSI), Vol. %1 dari %2Vol. 1, No. 1, 2020.

P. H. Putra dan M. S. Novelan, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Konseling Pada Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Teknovasi, vol. Vol. 07 No. 01, pp. 1 - 17, 2020.

M. Surya, Dasar-dasar Konseling Pendidikan, Bandung: Winaya, 1994.

M. Jauhar dan Wardati, Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Prestasi Pusataka, 2011.

A. Rozaq, F. Sholihin dan R. K. Hardinto, “Rancang Model Sistem Informasi Bimbingan Konseling berbasis IPLP-Q Bagi siswa SMA,” Positif, vol. 3 No.02, pp. 56-62, 2017.

M. Fowler, UML Distilled Edisi 3 panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar, Edisi 3 penyunt., Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

Y. Bassil, “A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle,” International Journal of Engineering & Technology (iJET), no. 2 No. 05, 2012.

J. L. Whitten dan L. D. Bentley, System Analysis & Design Methods, Seventh Edition penyunt., New York: McGraw-Hill, 2007.

A. P. Sari, H. dan T. Yulyana, “Desain Sistem Informasi Administrasi Bimbingan Konseling Dengan Model Fast (Studi Kasus:SMA Negeri 1 Tempilang),” Jurnal Sistem Informasi dan Komputer (SISFOKOM), vol. Volume 08 No.01, pp. 92 - 97, 2019.

F. X. A. P. Jampur dan G. B. Astuti, “Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Menggunakan Framework Codeigniter 4.0 Pada Yayasan Pendidikan ABC,” Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 13 No 02, pp. 2329 - 2342, 2021.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v8i2.7795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.