Limbungan Local Wisdom and Conservation of Vernacular Architecture East Lombok Sasak

Dendi Sigit Wahyudi, Respati Wikantiyoso

Abstract


Limbungan (Bale Tani) merupakan rumah tradisional vernakular sasak yang ada di kabupaten lombok timur. Dengan berkembangnya era moderenisasi, budaya lokal semakin tergeser ekstesitensinya. Penelitian dapat dilakukan dengan dokumentasi bale tani, untuk mengangkat nilai – nilai kearifan lokal yang terkandung dalam pembangunan rumah tradisional yang ada di Kabupaten lombok timur, dan dapat dipelajari bagi arsitek, pemerintah setempat dan masyarakat khususnya didaerah Pulau Lombok (Sasak). Penelitian ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan tentang rumah tradisional yang secara bijaksasna didesain oleh nenek moyang. Kabupaten lombok timur merupakan kabupaten yang penuh dengan rumah tradisional serta adat dan budaya yang sangat kental. Sehingga kajian ini dapat memberikan masukan dan dapat tercipta bangunan yang memperhatikan konsep ekologis serta kearifan lokal suku sasak.


Keywords


Bale Tani; Rumah Tradisional; Lombok Timur.

Full Text:

PDF

References


Rina Sabrina, Antariksa, Gunawan Prayitno. "Pelestarian Pola Permukiman Tradisional Suku Dusun Limbungan Kabupaten Lombok Timur." Jurnal Tata Kota dan Daerah , 2010: 87-108.

Alfian, M. (2013). “Potensi Kearifan Lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa”. Jurnal Pendidikan, 424- 435.

Sabrina, Rina Dkk. 2010. “Pelestarian Pemukiman Tradisional Suku Sasak DusuNLimbungan Kabupaten Lombok Timur”. Jurnal Tata Kota Dan Daerah Oleh Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, vol 1, no 2.

Arif Azhar Abdullah (2018). Konservasi Arsitektur Rumoh Aceh (Kajian Pelestarian Rumoh Aceh Gampong Lubok – Aceh Besar). Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala-Banda Aceh.

Hardiman Gagoek, Setyowati Erni, Hematang Yashinta I.P. (2014). Kearifan Lokal Ibeiya dan Konservasi Arsitektur Vernakular Papua Barat. Indonesian Journal of Conservation , Universitas Diponegoro. Vol. 3 No. 1 - Juni 2014 [ISSN: 2252-9195] Hlm. 16—25.

Lia H, Dian Kristiani (2018). Rumah Adat, Seri Ensiklopedia Negeriku. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer (BIP), Anggota IKAPI. hlm. 58. ISBN 978-602-483-437-1.

Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Rumah Adat Sasak". Warisan Budaya. Kemdikbud RI.




DOI: https://doi.org/10.26905/lw.v13i2.5291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

width="150"Garuda - Garba Rujukan Digitalcrossref
SINTA - Science and Technology IndexIndex of /public/site/images/septi



Index Copernicus International (ICI)

Tools:

TurnitinMendeley - Library 101 Citation Management Tools - Research guides at  University of Toronto

 

In collaboration with:

 

Image result for iplbi



Local Wisdom Scientific Online Journal (LWSOJ)

Center for Local Wisdom Studies of University of Merdeka Malang
(Pusat Studi Kearifan Lokal Universitas Merdeka Malang)
Department of Architecture

Mailing Address:

Address: Jl. Puncak Jaya No. 36, Malang, Indonesia, 65146
Email: lwsoj17@gmail.com

Creative Commons License