PENERAPAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK KLASIFIKASI KINERJA SATPAM BERBASIS WEB

M. Raihan Alghifari, Adityo Permana Wibowo

Abstract


Penilaian kinerja karyawan adalah salah satu aspek penting untuk mengembangkan sebuah perusahaan atau instansi agar menjadi lebih optimal. Jika tidak ada penilaian kinerja, maka kualitas kinerja karyawan menjadi tidak terkontrol. Satpam merupakan salah satu karyawan yang mempunyai tugas khusus sehingga diperlukan penilaian kinerja secara berkala untuk mendukung produktivitas sebuah perusahaan/instansi. Menurunnya kinerja satpam berdampak pada menurunnya tingkat keamanan di sebuah perusahaan/instansi. Topik penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi untuk klasifikasi kinerja satpam menggunakan metode K-Nearest Neighbor. parameter kinerja satpam menggunakan 10 atribut dengan jumlah data sebanyak 130 data yang dijadikan sebagai data latih. Atribut tersebut terdiri dari kepribadian, kemampuan dan keterampilan. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang bisa menentukan klasifikasi kinerja satpam yang terdiri dari kinerja baik, cukup, atau buruk. Proses penerapan metode K-Nearest Neighbor untuk klasifikasi kinerja satpam menggunakan perhitungan sebanyak 4 nilai K yaitu 3, 5, 7, 9. Pengujian proses klasifikasi menggunakan 6 data uji dengan 4 nilai K. Menghasilkan jumlah komposisi nilai kebenaran terdiri dari 1 klasifikasi baik, 2 klasifikasi cukup, dan 1 klasifikasi buruk dengan prosentase sebesar 66,67%. Sehingga dengan demikian aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan proses klasifikasi kinerja satpam.

 

DOI : https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i1.3074


Keywords


Klasifikasi, Kinerja Satpam, K-Nearest Neighbor, Website

References


Eko, W., (2015), Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuhkan, M., (2016), A Method to Improve the Accuracy of K-Nearest Neighbor, Int. J. Comput. Eng. Inf. Technol, 8(6), 90–95.

Raharjo, B., Heryanto, I. dan Rosdiana K, E., (2014), Modul Pemrograman Web (HTML, PHP & MySQL), Revisi Ked Bandung: Modula.

Mundzir, M.F., (2014), PHP Tutorial Book for Beginner, Yogyakarta: NOTEBOOK.

Kadir, A., (2014), Pengenalan Sistem Informasi, Revisi Yogyakarta: Andi Ofset.

Rosa, A.S. dan Shalahuddin, M., (2014), Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung.

Wibowo, A.P. dan Hartati, S., (2016), Sistem Klasifikasi Kinerja Satpam Menggunakan Metode Naїve Bayes Classifier Sistem Klasifikasi Kinerja Satpam Menggunakan Metode Naїve Bayes Classifier, Jurnal Inovtek Polbeng, 1(2), 192–201


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.