ARTICLE TEMPLATE |
|
PUBLICATION CONSENT |
Pengaruh Kualitas Pelayanan Crew terhadap Kepuasan Pelanggan Setelah Menggunakan Jasa Transportasi Bus Pariwisata Juragan 99 Trans
Abstract
PO Juragan 99 Trans adalah salah satu perusahaan transportasi di Kota Malang yang menyediakan jasa armada bus pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan crew terhadap kepuasan pelanggan setelah menggunakan jasa transportasi bus pariwisata Juragan 99 Trans. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dimana data diperoleh dari responden yang telah menggunakan jasa armada bus pariwisata Juragan 99 Trans sebanyak 72 responden, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan crew berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan setelah menggunakan jasa transportasi bus pariwisata Juragan 99 Trans yang menandakan juga pelayanan crew di PO Juragan 99 Trans memberikan kepuasan terhadap pelanggan, sehingga dapat membuat 65 dari 72 responden berniat menggunakan armada bus Juragan 99 Trans kembali untuk trip selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, E. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada VespaBox Kota Malang). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Darwin, M., Reynelda Mamondol, M., Alparis Sormin, S., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., . . . Adolf Gebang, A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multiverse dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irawan, H. (2008). Indonesia Customer Satisfaction. Jakarta: Alex Media Computindo.
Irawan, K. (2010). Potensi Objek Wisata Air Terjun Serdang Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Labuhan Batu Utara. Kertas Karya. Universitas Sumatera Utara.
JDIH Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (n.d.). 10TAHUN2009UU. Retrieved Mei 7, 2022, from https://jdih.kemenparekraf.go.id/katalog-1- produk-hukum: https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2009/10TAHUN2009UU.HTM
KBBI. (2016). Retrieved Juni 2022, from KBBI DARING: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/bus
KBBI. (2016). Retrieved Juni 2022, from KBBI DARING: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kru
Kotler, Philip, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas, Jilid 1. Jakarta: Gramedia.
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Air Manado. Jurnal Emba, 1660-1661.
Maulidiansyah, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Go-jek Dalam Pesrspektif Ekonomi Islam. Banda Aceh: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR - RANIRY.
Miro, F. (2005). Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.
Perhubungan, Menteri. (2018, Desember Rabu). Peraturan Menteri Perhubungan tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak dalam Trayek. Retrieved Mei 2022, from jdih.dephub.go.id: https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2018/PM_117_TAHUN_2 018.pdf
Rini. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan Driver Grab. Metro: INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO.
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia,
Simanullang, S. S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Jasa Transportasi Online Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Medan: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyo, H. (1999). Hubungan Kualitas dan Kepuasan Pelanggan Dalam Pembentukan Intensi Pembelian Konsumen . Jurnal Bisnis Strategi
Supriyanti, R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Terhadap Kepuasan Konsumen Armada Bus Transzentrum Madu Kismo Di Kabupaten Grobogan. Surakarta: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
Suryadana, M. L. (2013). Sosiologi Pariwisata : Kajian Kepariwisataan dalam Paradigma Integratif-Transformatif Menuju Wisata Spiritual. Bandung: Humaniora.
Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Jogjakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2011). Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Andi. Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Jogjakarta: Andi.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Zakaria, D. G. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 3-4.
DOI: https://doi.org/10.26905/jt.v3i2.12434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Tools:
Supported by:
Jurnal Pariwisata Tourista
Program Diploma Kepariwisataan
Universitas Merdeka Malang
MAILING ADDRESS
Jl. Bandung No. 1, Kota Malang, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Phone: 085725050049
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.