Pengembangan Aplikasi Penentuan Media Promosi Pelaku UMKM Berbasis Website

Edi Subiyantoro, Ahmad Rofiqul Muslikh, Fandi Yulian Pamuji, Maria Elfrida Wunu

Abstract


Today, with the presence of digital technology, UMKM actors in Indonesia have numerous opportunities to create job opportunities and expand their businesses to the global market. However, not all UMKM actors in Indonesia have sufficient understanding and knowledge of the current digital technology being used. This research aims to design a system that can assist UMKM actors to increasing their product sales volume by developing an effective and efficient web-based application for selecting promotional media for UMKM. The testing of the UMKM AHP Application system, based on a black box method, is conducted to identify any potential issues in the application and ensure its readiness for publication. This testing covers various pages such as Criteria page, Alternative page, AHP Preference Value page, Criteria Analysis page, Alternative Analysis page, Ranking Report page, Report page, Profile page, and Logout page.

Keywords


Aplikasi, Media Promosi, UMKM, Website

Full Text:

PDF

References


N. Z. Septiana and M. R. Firdaus, “Strategi Marketing UMKM Perlengkapan Pernikahan (Rona Creation) Di Desa Pacekulon Pada Masa PPKM Darurat Untuk Meningkatkan Target Penjualan,” Realita : Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, vol. 19, no. 2, pp. 56–65, 2022, doi: 10.30762/realita.v19i2.3517.

S. Dan, A. Keilmuan, T. Industri, M. Metode, A. Hierarchy, and P. Ahp, “Analisis Strategi Pemasaran pada UMKM Depot Glory Dengan,” pp. 124–137, 2021.

T. Handayani and P. Pusporini, “Pemetaan Pemasaran UMKM Kuliner Singkong di Kecamatan Cibadak, Banten Dengan Metode AHP,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 4, no. 2, pp. 826–836, 2021, doi: 10.36778/jesya.v4i2.431.

D. D. Fidhiani, “Analisis strategi peningkatan daya saing pada UKM Anugrah Mina Lestari,” Teknologi Pangan : Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, vol. 12, no. 2, pp. 257–264, 2021, doi: 10.35891/tp.v12i2.2642.

R. Mawarni et al., “Implementasi Metode Ahp Dalam Menentukan Media Promosi Stmik Dcc Kotabumi,” vol. 02, no. 01, pp. 42–52, 2021.

F. Pramesti, B. M. Wibawa, and P. Sinansari, “Analisis Penentuan Prioritas Platform Media Sosial Pada Performa Pemasaran UKM: Kasus di Kota Surabaya,” Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 9, no. 1, 2020, doi: 10.12962/j23373520.v9i1.50604.

Z. Azhar, “Faktor Analisis Prioritas Dalam Pemilihan Bibit Jagung Unggul Menggunakan Metode AHP,” pp. 347–350, 2020.

J. Sulaksono, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020, doi: 10.29407/gj.v4i1.13906.

E. Agesta Nurmaida, M. Akib Tuwo, M. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UHO, and S. Pengajar Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UHO, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ABON IKAN (Suatu Kasus Pada Umkm Citra Permata Kendari),” Jurnal Ilmiah Agribisnis (Jurnal Agribisnis dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian), vol. 4, no. 2, pp. 45–51, 2019.

P. Seminar et al., “Analisis Pemilihan Mata Kuliah Praktek Menggunakan Metode AHP,” no. September, pp. 1131–1138, 2019.

Y. Sa, “Analisis Penggunaan Metode AHP dan MOORA untuk Menentukan Guru Berprestasi sebagai Ajang Promosi Jabatan,” vol. 3, pp. 82–90, 2019.

E. Subiyantoro, A. R. Muslikh, M. Andarwati, G. Swalaganata, and F. Y. Pamuji, “Analisis Pemilihan Media Promosi UMKM untuk Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2022.

A. D. Evasari, Y. B. Utomo, and D. Ambarwati, “Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri,” Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, p. 75, 2019, doi: 10.32503/cendekia.v1i2.603.

Z. Azhar, M. Handayani, H. Rumah, U. Muka, and K. K. Spk, “Analisis faktor prioritas dalam pemilihan perumahan kpr menggunakan metode ahp,” vol. 1, no. 2, pp. 19–22, 2018.

Ariani, “Sistem Penunjang Dalam Penentuan Prioritas Pemilihan Percetakan Media Promosi Menggunakan Metode AHP,” Jurnal Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 214–221, 2017.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v9i1.8502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by:
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.