KAJIAN PENERAPAN PRINSIP- PRINSIP GENDER MANAGEMENT SYSTEM (GMS) UNTUK MEMERANGI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI WILAYAH MALANG RAYA

Hairani Mochtar, Kadek W, Indrayanti Indrayanti, Enny Ristanty

Abstract


Kajian atas penerapan prinsip-prinsip gender management system (GMS) untuk memerangi kekerasanterhadap perempuan bertujuan untuk mengetahui cara/pola penanganan yang telah dilakukan terhadap kekerasan,sejauh mana pemahaman para stakeholder tentang pendekatan prinsip-prinsip Gender ManagementSystem (GMS) dan penerapan prinsip-prinsip Gender Management System (GMS), Serta kendalakendalayang dihadapi. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan 2 tahapan yaitu pertamawawancara dengan menggunakan kuesioner. Yang kedua adalah focus group discussion (FGD). Hasilkajian menunjukkan bahwa aspek pemahaman tentang GMS secara utuh belum maksimal diketahui oleh parapihak. Aspek koordinasi antar instansi terkait sifatnya masih insidental, jadi belum bersifat berkesinambungan.Serta kendala-kendala yang dihadapi adalah aspek koordinasi antar instansi dan pendanaan. Aspek strategi/aksi yang akan dilakukan oleh masing-masing instansi, perlu diberikan sehingga dalam merespon kasuskekerasan dapat dilakukan secara holistik. Sehingga kebijakan dan program-program yang dibuat akan langsungdapat merespon permasalahan kekerasan yang menimpa perempuan dimasyarakat.

Keywords


Prinsip-Prinsip Gender Management System (GMS), Kekerasan terhadap Perempuan

Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.26905/idjch.v18i1.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Cakrawala Hukum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Publisher: 
Faculty of Law - University of Merdeka Malang
Faculty of Law Building, Terusan Dieng Street 62-64
Malang City, East Java, Indonesia, 65146.

  

Other Link 

Follow Us
See the source image@jurnalcakrawalahukum
See related image detail@Jcakrawalahukum
jurnalcakrawalahukum@unmer.ac.id
Phone (0341) 580161
See the source imageFaks (0341) 588395
View JCH Visitors
web statistics

Jurnal Cakrawala Hukum Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.