Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19

Syarif Hidayatullah, Umu Khouroh, Irany Windhyastiti, Ryan Gerry Patalo, Abdul Waris

Abstract


Investasi dalam sistem informasi saat ini memiliki dampak yang signifikan terhadap aspek yang multidimensional dalam artian mencakup berbagai aspek dalam kehidupan berbisnis seperti perbankan, pendidikan, kepariwisataan dan lainnya karena sistem informasi memainkan peran penting dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan keunggulan kompetitif. Tidak terlepas pada dunia pendidikan dimasa saat ini kondisi dunia dan Indonesia mengalami pendemi COVID-19 sehingga himbauan pemerintah yang menyatakan bekerja dari rumah (work from home), social distancing serta penyesuaian sistem kerja bukan berarti pelayan public dan pembelajaran dihentikan, namun semua aktivitas dilakukan dengan bantuan teknologi informasi atau secara online. Salah satu media atau aplikasi yang biasa digunakan untuk sistem pembelajaran adalah aplikasi zoom. Peningkatan penggunaan aplikasi yang pesat menarik peneliti untuk melihat implementasi dari model yang diterapkan oleh DeLone dan McLean dimana model kesuksesan sistem dapat dilihat dari sisi kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan serta kebutuhan dan kepuasan dari pengguna informasi. Penelitian ini merupakan explanatory research, lokasi penelitian ini dilakukan di kota Malang Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah menggunakan aplikasi zoom dalam beraktivitas terutama bidang pendidikan dengan jumlah sampel 180 responden. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, karena kondisi pandemic Covid-19 dengan pentingnya menerapkan Social Distancing maka penyebaran kuesioner dilakukan secara online. Teknik analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif, Analisis data menggunakan SEM dan Pengujian Hipotesis. Hasil dari penelitian ini system quality berpengaruh positif terhadap User Satisfaction, Information Quality berpengaruh positif terhadap User Satisfaction, Service Quality berpengaruh positif terhadap User Satisfaction dan User Satisfaction berpengaruh positif terhadap Net Benefit.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165


Keywords


Kualitas sistem; kualitas informasi; kualitas layanan; kepuasan pengguna; net Benefit; COVID-19

References


Arbie, E. (2000). Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Edisi Ke-7, Jilid.

Bernroider, E. W. N. (2008). IT governance for enterprise resource planning supported by the DeLone-McLean model of information systems success. Information and Management. https://doi.org/10.1016/j.im.2007.11.004

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2004). Measuring e-commerce success: Applying the DeLone and McLean Information Systems Success Model. International Journal of Electronic Commerce.

Febrianto, G. (2018). The Effect of Intention to Usage to Actual Usage E-Purchasing Application. 9(12), 363–370.

Hair, Jr, J. F. (2015). Essentials of Business Research Methods. In Essentials of Business Research Methods. https://doi.org/10.4324/9781315704562

Hidayatullah, S., Firdiansjah, A., Patalo, R. G., & Waris, A. (2019). The effect of entrepreneurial marketing and competitive advantage on marketing performance. International Journal of Scientific and Technology Research.

Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Aristanto, E., Waris, A., & Patalo, R. G. (2020). Peran Sistem Informasi Pemasaran , Kualitas Pelayanan dan Entrepreneurial marketing serta Kepuasan Terhadap Loyalitas Generasi Milenial Berkunjung ke Tempat Wisata. https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i1.148

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Iivari, J. (2005). An Empirical Test of the DeLone-McLean Model of Information System Success. Data Base for Advances in Information Systems. https://doi.org/10.1145/1066149.1066152

Jaafreh, A. B. (2017). Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean Information System Success Model in Context Banking System in KSA. International Review of Management and Business Research.

James A. O’Brien, & Marakas, G. M. (2017). MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS Tenth Edition. In McGraw-Hill Irwin.

Khouroh, U., Sudiro, A., Rahayu, M., & Indrawati, N. K. (2020). The mediating effect of entrepreneurial marketing in the relationship between environmental turbulence and dynamic capability with sustainable competitive advantage: An empirical study in Indonesian MSMEs. Management Science Letters. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.9.007

Liao, C., Liu, Q., Kimber, D., Chiu, P., Foote, J., & Wilcox, L. (2003). Shared interactive video for teleconferencing. Proceedings of the ACM International Multimedia Conference and Exhibition. https://doi.org/10.1145/957127.957129

Mardiana, S., Tjakraatmadja, J. H., & Aprianingsih, A. (2015). DeLone-Mclean information system success model revisited: The separation of intention to Use - Use and the integration of technology acceptance models. International Journal of Economics and Financial Issues.

Mikić, I., Huang, K., & Trivedi, M. (2000). Activity monitoring and summarization for an intelligent meeting room. Proceedings - Workshop on Human Motion, HUMO 2000. https://doi.org/10.1109/HUMO.2000.897379

Ojo, A. I. (2017). Validation of the delone and mclean information systems success model. Healthcare Informatics Research. https://doi.org/10.4258/hir.2017.23.1.60

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019). Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online. September.

Rakhmadian, M., Hidayatullah, S., Respati, H., & Malang, U. M. (2017). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akademik Dosen. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 665–675.

Riset, J., & Dan, A. (2007). Sistem Informasi Manajemen. Riset Akuntansi Dan Bisnis.

Saputro, P. H., Budiyanto, D., & Santoso, J. (2016). Model Delone and Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan E-Government Kota Pekalongan. Scientific Journal of Informatics. https://doi.org/10.15294/sji.v2i1.4523

Stephanie, A., Hidayatullah, S., & Ardianto, Y. T. (2019). An Emperical Study of Website Quality on Hotel Booking Online. 4(2), 10–14.

Urbach, N., & Müller, B. (2012). The Updated DeLone and McLean Model of Information Systems Success. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-6108-2_1

Wang, Y. S. (2008). Assessing e-commerce systems success: A respecification and validation of the DeLone and McLean model of IS success. Information Systems Journal. https://doi.org/10.1111/j.1365-2575.2007.00268.x

Windhyastiti, I., Hidayatullah, S., & Khouroh, U. (2019). How to increase city investment attraction. International Journal of Scientific and Technology Research.

Windhyastiti, I., Hidayatullah, S., Khouroh, U., & Waris, A. (2019). Role of The Online Single Submission (OSS) To Increase The City Investment Attraction. 4th INTERNATIONAL CONFERENCE OF GRADUATE SCHOOL ON SUSTAINABILITY (ICGSS) 2019, 1–6.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200408124947-213-491594/pengguna-internet-kala-wfh-corona-meningkat-40-persen-di-ri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.