Sistem Pengambil Keputusan Menggunakan Fuzzy Sugeno untuk Menentukan Penyakit Obesitas Anak Usia 0 sampai 16 Tahun

Mohamad Imam Gozali

Abstract


Makanan anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh orang tua, masyarakat, dan juga pemerintah karena menyangkut kualitas generasi penerus bangsa. Hal ini memerlukan perhatian yang lebih untuk menghindari resiko kekurangan ataupun kelainan gizi pada anak dan penyakit obesitas. Dengan menggunakan penalaran Logika Fuzzy Sugeno dapat diperoleh konsumsi makanan yang diajurkan dan makanan yang dihindari pada penyakit obesitas anak. Penggunaan Logika Fuzzy Sugeno dapat memberikan keputusan yang akurat dalam menentukan gizi pada anak. Metode logika fuzzy sugeno ini dapat dijadikan acuan dalam penentuan status gizi pada anak. Dengan metode ini dapat dikembangkan pembuatan aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan konsumsi makanan yang dianjurkan dan makanan yang dihindari pada anak yang dapat dimanfaatkan masyarakat suatu wilyah pada pelaksanaan posyandu yang diadakan tiap bulan.


DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.4782

Keywords


Sistem Pengambil keputusan; Status makanan anak; Logika Fuzzy Sugeno;

Full Text:

PDF

References


S. Ujani, “Hubungan Antara Usia dan Jenis Kelamin Dengan Kadar Kolesterol Penderita Obesitas RSUD Abdul Moeloek Provinsi Lampung,” J. Kesehat., vol. 6, no. 1, 2016.

I. M. Sofa, “Kejadian Obesitas, Obesitas Sentral, dan Kelebihan Lemak Viseral Pada Lansia Wanita,” Amerta Nutr., vol. 2, no. 3, pp. 228–236, 2018.

P. M. Indarwati, “Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Obesitas pada Anak Usia 9–11 Tahun di SD Ma’arif Kecamatan Ponorogo,” STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN, 2019.

P. M. Toha, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kecukupan Gizi Bayi Menggunakan Logika Fuzzy Sugeno,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

B. Sutara and H. Kuswanto, “Analisa Perbandingan Fuzzy Logic Metode Tsukamoto, Sugeno, Mamdani Dalam Penentuan Keluarga Miskin,” Infotekmesin, vol. 10, no. 2, pp. 75–86, 2019.

J. Warmansyah and D. Hilpiah, “Penerapan Metode Fuzzy Sugeno Untuk Prediksi Persediaan Bahan Baku,” Teknois J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 9, no. 2, pp. 12–20, 2019.

L. P. Ayuningtias, M. Irfan, and J. Jumadi, “Analisa Perbandingan Logic Fuzzy Metode Tsukamoto, Sugeno, Dan Mamdani (Studi Kasus: Prediksi Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung),” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 9–16, 2017.

M. Muizaitul, “Penerapan Metode Fuzzy Sugeno Untuk Menentukan Jalur Terbaik Menuju Lokasi Wisata di Surabaya,” J. Mat. Sains dan Teknol., vol. 20, no. 2, pp. 95–101, 2019.

A. H. Agustin, G. K. Gandhiadi, and T. B. Oka, “PENERAPAN METODE FUZZY SUGENO UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL SEPEDA MOTOR BEKAS,” E-Jurnal Mat., vol. 5, no. 4, p. 176, Nov. 2016.

S. Sunardi and R. S. Artati, “Aplikasi Metode Fuzzy Sugeno untuk Sistem Informasi Ketinggian Air dan Ketinggian Pintu Air Suatu Bendungan,” Dinamik, vol. 19, no. 2, pp. 179–190, 2014.

H. Santosa, “Aplikasi Penentuan Tarif Listrik Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno,” J. Sist. Inf. BISNIS, vol. 4, no. 1, Apr. 2014.

W. Hakim, “Sistem pendukung keputusan metode Sugeno dalam menentukan tingkat kepribadian siswa berdasarkan pendidikan: Studi kasus di MI Miftahul Ulum Gondanglegi Malang,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015.

S. Kusumadewi and H. Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.4782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.