SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RESTORAN (NOM.PHILIA) DI KOTA PALEMBANG

Maria Bellaniar Ismiati, Latius Hermawan, Violentina Wijaya

Abstract


Dunia kuli

ner semakin berkembang dari segi rasa, variasi makanan, kuantitas dan kualitas, bahkan dari sisi teknologinya. Banyak kota-kota besar yang kulinernya semakin berkembang, salah satunya adalah kota Palembang yang memiliki banyak referensi kuliner yang disuguhkan di dalam banyak restoran/rumah makan. Akan tetapi masih banyak masyarakat kota Palembang yang masih belum banyak tahu mengenai restoran apa saja yang ada di Palembang. Selain faktor ketidaktahuan, seringnya masyarakat juga bingung untuk menentukan bahwa mereka akan makan dimana saat ini. Hal tersebut juga dikarenakan adanya faktor kebosanan untuk makan di restoran yang itu-itu saja dan seringnya suasana hati yang berubah-ubah dari masyarakat itu sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti membuat suatu Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Restoran di kota Palembang. Dalam pengembangan software-nya, peneliti menggunakan model waterfall yang dimulai dari communication, planning, modelling, construction, dan deployment serta Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Visual Basic. Hasil penelitian ini adalah telah terbangunnya suatu sistem pendukung keputusan pemilihan restoran di kota Palembang dengan menampilkan daftar pertanyaan berdasarkan kriteria sebagai berikut menu makanan, harga, fasilitas, suasana, daya tampung, dan khas makanan. Selain itu juga telah tampil daftar rekomendasi restoran yang sesuai keinginan user dengan dilengkapi informasi berupa lokasi, jam operasional, fasilitas, dan alamat website.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5036


Keywords


Kuliner; Sistem Pendukung Keputusan; Restoran;

Full Text:

PDF

References


A. W. Marsum, Restoran dan Segala Permasalahannya, Empat. Yogyakarta: Andi, 2005.

Badudu, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

R. H. Sprague and H. J. Watson, Decision Support Systems: Putting Theory IntoPractice. Englewood Clifts: Prentice Hall, 1993.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak. Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi, 2015.

J. A. Black and D. J. Champion, Metode & masalah Penelitian Sosial. Bandung: Rafika Aditama, 2009.

E. H. Atmoko, Program Akuntansi beserta Manajemen Aset Menggunakan VB dan SQL Server. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2015.

Hamdani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Restoran di Kota Bengkulu dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Sistem Operasi Android,” J. Inform. Mulawarman, vol. 5, no. 1, pp. 19–26, 2010.

Fuspita and Vera, “Sistem Pendukung Keputusan Wisata Kuliner dengan Visualisasi Geografi di Yogyakarta,” J. Rekursif, vol. 2, no. 1, pp. 45–52, 2014.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



ndexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.