Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Jurusan Menggunakan Metode Topsis Pada SMA Negeri 1 Wonosari

Hamria Hamka, Hamsir Saleh

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem yang dapat membantu masalah yang terjadi untuk menentukan keputusan dengan cepat dan dapat mengetahui nilai tertinggi sampai terendah untuk hasil seleksi. Pada penelitian ini terdapat studi kasus yang merupakan contoh penyelesaian masalah dengan sistem pendukung keputusan, dimana yang menjadi permasalahan yaitu pada SMA Negeri 1 Wonosari tentang peminatan jurusan, meningkatnya jumlah siswa dari tahun ke tahun membuat pihak sekolah kewalahan dalam melakukan peminatan jurusan secara manual. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu peminatan jurusan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan sistem pendukung keputusan peminatan jurusan pada SMA Negeri 1 Wonosari menggunakan metode TOPSIS sebagai dasar pengambilan keputusan. Metode Topsis digunakan dalam penelitian ini karena metode TOPSIS memiliki kemampuan untuk mengukur alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang konsepnya sederhana dan mudah untuk dipahami.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Sistem pendukung keputusan peminatan jurusan pada SMA Negeri 1 Wonosari menggunakan metode topsis yang sudah di rekayasa dapat di implementasikan di SMA Negeri 1 Wonosari. Hal ini dibuktikan melalui pengujian white box dan basis path yang menghasilkan nilai V(G) = CC dimana, V(G) = 2 dan CC = 2, sehingga didapat bahwa logika flowchart perhitungan normalisasi dan perengkingan adalah benar dan pengujian black box yang meliputi uji input proses dan output dengan mengacu pada rancangan perangkat lunak yang sudah di buat telah terpenuhi sesuai dengan rancangan.

 

DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5086


Full Text:

PDF

References


H. Hertyana, Analisa Penentuan Jurusan Pada SMA Kartika VII-1 mengggunakan Metode Fuzzy Inference System Mamdani. Jakarta, 2018.

R. S. Putra, M. AR, and Bahrun, “STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 3 MEULABOH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT,” J. Adm. Pendidik., vol. 5, no. 3, pp. 161–166, 2017.

D. L. Kurniasih, “istem Pendukung Keputusan Pemilihan Leptop Dengan Metode Topsis,” J. Pelita Inform. Inf. dan Inform., 2013.

K. D. Purwitasari and F. S. Pribadi, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Peserta Didik SMA menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dan SAW (Simple Additive Weighting),” J. Tek. Elektro, vol. 7, no. 2, 2015.

L. N. HIDAYAT, “METODE TOPSIS UNTUK MEMBANTU PEMILIHAN JURUSAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS,” Semarang, 2014.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.5086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Indexing by
width="150"

SINTA - Science and Technology Index

Index Copernicus International (ICI)

Tools

Turnitin

crossref

Mendeley

Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 


Fakultas Teknologi Informasi
University of Merdeka Malang

Alamat:

Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
(0341) 566462
Email: jurnal.fti@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.