Nilai-Nilai Kewirausahaan Dan Komitmen Berwirausaha Terhadap Kinerja UMKM dengan Strategi Bisnis Sebagai Moderasi

Titiek Ambarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai kewirausahaan utamanya mitivasi berprestasi dan efikasi diri terhadap kinerja usaha yang dimediasi oleh komitmen berwirausaha dan strategi bisnis sebagai moderasi. dengan strategi bisnis sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian adalah explanatory research dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah Pengusaha UMKM yang ada di Malang tepatnya di kelurahan Lowokwaru dengan jumlah 70 Pengusaha UMKM. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Alat analisis  yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap komitmen berwirausaha, efikasi diri berpengaruh terhadap komitmen berwirausaha, komitmen berwirausaha tidak memediasi pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja usaha, komitmen berwirausaha memediasi pengaruh efikasi diri terhadap kinerja usaha, strategi bisnis tidak memoderasi pengaruh komitmen berwirausaha terhadap kinerja usaha. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan variable lain seperti intensi dalam berwirausaha dengan lingkup UMKM yang lebih luas.


Keywords


motivasi berprestasi, efikasi diri, komitmen berwirausaha, strategi bisnis, kinerja usaha

Full Text:

PDF

References


Azhar, A., Javaid, A., Rehman, M., & Hyder, A. (2014). Entrepreneurial Intentions among Business Students in Pakistan. Journal of Law and Governance, 5(2). https://doi.org/10.15209/jbsge.v5i2.181

Batista, P. C. de S., Lisboa, J. V. de O., Augusto, M. G., & Almeida, F. E. B. de. (2016). Effectiveness of business strategies in Brazilian textile industry. Revista de Administração [RAUSP], 51(2), 225–239.

Carnahan, S., Agarwal, R., & Campbell, B. (2010). The Effect of Firm Compensation Structures on the Mobility and Entrepreneurship of Extreme Performers. Business, 902(December 2009), 1–43. https://doi.org/10.1002/smj

Darmawan, D. (2020). Profesionalisme, Motivasi Berprestasi, Komitmen Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3(3), 344–364. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i3.4167

David, F. R. (2011). Manajemen Starategik. Jakarta: Salemba Empat.

De Clercq, D., Benson, H., & Martin, B. (2012). The roles of learning orientation and passion for work in the formation of entrepreneurial intention. International Small Business Journal, 1–25.

Dinis, A., Ferreira, J., Paco, A., Mario., R., & Rodrigues, R. G. (2013). Psychological Characteristics and Entrepreneurial Intentions among Secondary Students. Education and Training, 55(8–9), 763–780.

Ebitu, & Ezekiel, T. (2016). Marketing Strategies And The Performance Of Small And Medium Enterprises In Akwa Ibom State, Nigeria, British Journal of Marketing Studies. European Centre for Research Training and Development UK, 4(5), 61–62.

Emami, M., & Nazari, K. (2012). SSRN-id2083390. 1(11), 59–69.

EP, O., JF, A., & EC, C. (2010). Competitive Strategy, Structure And Firm Performance: A Comparison Of The Resource-Based View And The Contingency Approach. Management Decision, 48(8), 1282–1303.

Fortune, A. E., Lee, M., & Cavazos, A. (2005). Achievement Motivation and Outcome In Social Work Field Education. Washington.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Hakim, L. (2019). Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang Beber Kelemahan UMKM hingga Sulit Berkembang. Diambil dari https://www.malangtimes.com/baca/37544/20190329/151300/dinas-koperasi-dan-ukm-kota-malang-beber-kelemahan-umkm-hingga-sulit-berkembang

Hakimpoor, H. (2014). Strategic Planning Process Dimensions and SMEs Performance. Proceedings of 10th Global Business and Social Science Research Conference.

Husnah. (2013). Aset Tanwujud, Strategi Bersaing, Dan Kinerja Keuangan, Kajian Pada UKM Rotan Di Kota Palu Sulawesi Tengah. Universitas Brawijaya Malang.

Kasmir. (2017). Kewirausahaan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Kaya, N. (2015). Corporate Entrepreneurship, Generic Competitive Strategies, and Firm Performance in Small and Medium-Sized Enterprises. Procedia Social and Behavioral Sciences, 662 – 668.

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2018). PERKEMBANGAN DATA USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH (UMKM) DAN USAHA BESAR (UB) TAHUN 2017 - 2018. Diambil dari http://www.depkop.go.id/data-umkm

Kickul, J., & Gundry, L. (2002). <1540-627X.00042.pdf>. Journal of Small Business Management, 40(2), 85–97.

Kimatu, D. K., & Bichanga, O. W. (2014). Competitive Strategies and the Non Financial Performance of Micro Enterprises in Kenya, (Survey of Industrial Knitting Micro Enterprises in Kiambu County),. International Journal of Management and Commerce Innovations, 2(2), 160–186.

Koh, H. C. (1996). Testing Hypotheses of Entrepreneurial Characteristics: A study of Hong Kong MBA Students. Journal of Managerial Psychology, 11(3), 1225.

Kulatunga, D. (2008). Electronic Commerce Strategies, Generic Strategies, and Firm Performance: A Study of Small and Medium Enterprises in Aichi, Japan. Japanese Journal of Administrative Science, 21(1), 27–46.

Lesceviva, M. (2004). Rural Entrepreneurship Success Determinant. Latvian University of Agriculture, Eksjo, Latvia.

Lu, C. Q., Siu, O. L., & Cooper, C. L. (2005). Managers’ occupational stress in China: The role of self-efficacy. Personality and Individual Differences, 38(3), 569–578. https://doi.org/10.1016/S0001-4575(03)00016-2.

Lubis, Y., Hermanto, B., & Edison, E. (2018). Manajemen dan Riset Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi edisi sepuluh. Yogyakarta: Andi.

Mair, J., & Noboa, E. (2005). Social Entrepreneurship: How Intentions to Create a Social Enterprise Get Formed. SSRN Electronic Journal, 3(521). https://doi.org/10.2139/ssrn.462283

McClelland, D. . (1987). The Achievement Motive. New York Appleton: Century Crolts Inc.

Mendol, P. C., & Marcus. (2015). A Pattern Analysis of Student’s Achievement Goals. Journal of Educational Psychology, 85(4), 582–590.

Najib, M., & Kiminami, A. (2011). Innovation, cooperation and business performance: Some evidence from Indonesian small food processing cluster. Journal of Agribusiness in Developing and Emerging Economies, 1(1), 75–96. https://doi.org/10.1108/20440831111131523

Nyariki, R. N. (2013). Strategic Management Practices As A Competitive Tool In Enhancing Performance Of Small and Medium Enterprose In Kenya, A research Project Submitted In Partisal Fullfillment Of The Requirements For The Award Of The Business Administration. University Of Nairobi.

Parnell, J. A. (2011). Strategic Capabilities, Competitive Strategy, And Performance Among Retailers In Argentina, Peru And The United States. Management Decision, 49(1), 130–155.

Phongpetra, V., & Johri, L. M. (2011). Impact of business strategies of automobile manufacturers in Thailand. International Journal of Emerging Markets.

Porter, M. E. (1998). On Competition. Boston: Harvard Business School.

Purnomo, R., & Lestari, S. (2010). Pengaruh Kepribadian, Self-Efficacy, Dan Locus of Control Terhadap Persepsi Kinerja Usaha Skala Kecil Dan Menengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 17(2), 144–160.

Rauf, R. (2020). Pengaruh Karakteristik Individu Dan Komitmen Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Penangkapan Ikan Laut. SEIKO : Journal of Management & Business, 3(2), 92. https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i2.594

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Sahabudin, R. (2012). Perkembangan Nilai-Nilai Kewirausahaan dalam Meningktakan Kinerja Usaha Rumput Laut Skala Kecil. Trikonomika, 11(1), 81–95.

Suryana. (2017). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.

Teeratansirikool, L. (2013). Competitive strategies and firm performance: The mediating role of performance measurement. International Journal of Productivity and Performance Management, 62(2).

Toaha, M., Maupa, H., Brasit, N., Taba, I., & Aswan, A. (2019). Competitive Sustainability of Food and Beverage SMEs in South Sulawesi. 92(Icame 2018), 608–615. https://doi.org/10.2991/icame-18.2019.64

Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII Di SMK Negeri Surabaya. Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya, 1(1), 1–20. Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/1902/5311

Yan, S. (2010). Competitive Strategy and Business Environment: The Case of Small Enterprises in China. Canadian Center of Science and Education, Asian Social Science, 6(11).

Zimmerer, Thomas, W., Scarborough, M, N., & Wilson, D. (2009). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bisnis dan Manajemen
Faculty of Social and Political Science University of Merdeka Malang



Mailling Address:
  • Address: Terusan Dieng Street 62-64 Malang, Indonesia
  • Website: http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm
  • Email: jbm.unmermlg@unmer.ac.id
  • Phone: +62 813-9393-3938
Free counters!

View Stat JBM